Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Lima Gaya Komunikasi Seseorang yang Tunjukkan Karakter Aslinya

Topcareer.id – Melalui gaya komunikasi seseorang, kamu bisa lihat tingkat kecerdasan emosionalnya. Bahkan dari gaya komunikasi itu juga bisa terlihat karakternya. Jika sudah mengetahuinya, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik, misal memilih rekan kerja dalam rapat bersama klien.

“(Melalui gaya komunikasi seseorang), Kamu bisa mengetahui betapa otentik dan tulusnya seseorang dengan kesediaan mereka untuk berbicara dari tempat yang rentan,” kata Rina Rovinelli, Pelatih public speaking dan salah satu pendiri kompetisi berbicara global, Speaker Slam, dikutip dari The Ladders.

Tetapi bagaimana dengan kebiasaan komunikasimu sendiri yang mengungkapkan tentang dirimu? Rovinelli, membagikan wawasannya tentang kebiasaan komunikasi seseorang yang bisa mengatakan banyak hal soal karakternya.

1. Jika kamu seorang pendengar yang baik

“Jika mereka adalah pendengar yang baik, saya melihat mereka sebagai orang yang mawas diri dan perhatian. Saya melihat kecerdasan emosional mereka dalam kesediaan mereka untuk mendengarkan saya tanpa memikirkan apa yang akan mereka katakan selanjutnya,” kata Rovinelli.

Jadi, jika kamu seorang introvert yang lebih suka memperhatikan daripada berbicara, kamu melakukan sesuatu dengan benar. Manfaatkan rasa empati alamimu dengan menggunakan pemahamanmu tentang orang lain agar lebih efektif.

2. Jika kamu berkomunikasi dengan rentan (mudah dapat kritikan)

Pikirkan kerentanan di tempat kerja adalah resep bencana, namun kamu tidak bisa berbagi tentang perasaanmu yang sebenarnya? Kamu mungkin ingin memikirkan kembali pendirianmu.

“Jika mereka berkomunikasi dengan rentan, saya melihat keaslian mereka. Saya lebih percaya orang ini. Saya beresonansi dan terhubung dengan kejujuran mereka. Saya melihat mereka sebagai pribadi yang melampaui karyawan dan memungkinkan saya untuk mempercayai mereka,” katanya.

3. Jika kamu pandai bicara dengan artikulasi yang jelas

Jika kamu seorang pembicara publik berpengalaman yang suka menarik perhatian di ruangan yang penuh dengan orang, kamu menunjukkan kepercayaan diri dan membuat orang yang bekerja denganmu merasa aman dengan kemampuan itu.

“Jika mereka pandai bicara, saya merasakan tingkat kepercayaan diri pada kemampuan mereka. Saya merasa aman dengan orang-orang yang saya anggap cerdas dan berpengalaman. Saya berasumsi bahwa seseorang yang begitu mendalam dan pandai berbicara harus mewakili bisnis yang memiliki integritas,” kata Rovinelli.

4. Jika kamu menjelaskan terlalu panjang dan mengulang

Apakah kamu cenderung terlalu siap sebelum interaksi profesional yang penting sehingga kamu berlatih di rumah berulang kali? Apakah kamu terlalu khawatir untuk terus menyampaikan pesan seputar misi dan nilai perusahaan? Kamu mungkin memiliki niat baik, tetapi itu bisa merusak peluangmu untuk membangun hubungan baik.

“Jika mereka sering mengatakan sesuatu yang berulang, saya kehilangan kepercayaan. Saya merasa bahwa mereka membagikan propaganda perusahaan dan saya mengabaikannya. Sering kali dalam bisnis, para profesional diajari istilah perusahaan dan akhirnya merasa dibuat-buat dan tidak tulus.”

5. Jika kamu kesulitan dan menggunakan banyak kata pengisi

Jika kamu kesulitan berbicara dan cenderung menggunakan kata-kata pengisi seperti “seperti” atau “um” setiap dua detik, kamu mungkin secara tidak sadar merusak kredibilitasmu, terutama dalam peran yang berhubungan dengan pelanggan, menurut Rovinelli.

“Jika mereka kesulitan untuk berbicara dan menggunakan banyak kata pengisi saya kehilangan kepercayaan diri dan merasa kurang aman. Jika staf penjualan atau perwakilan terbaik perusahaan tidak dapat berbicara dengan kuat, hal itu menunjukkan tentang kurangnya kredibilitas organisasi,” katanya.**(RW)

Leave a Reply