Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Wajib Tahu: 5 Manfaat Utama Kacang Hijau

Dok/Wellandgood.com

Topcareer.id – Makanan nabati memiliki banyak manfaat, termasuk memperbaiki gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol, dan bahkan menyembuhkan peradangan. Mereka juga mengurangi risiko penyakit kronis, terutama penyakit kardiovaskular.

Kacang hijau dapat dikonsumsi dalam bentuk olahannya, tetapi bentuk kecambah yang tidak diproses menghasilkan manfaat nutrisi yang luar biasa, yakni meningkatkan nutrisi, aksesibilitas mineral, dan secara signifikan meningkatkan jumlah vitamin. Kecambah kacang hijau bahkan kaya akan probiotik.

Protein nabati yang baik rata-rata memiliki lebih banyak serat, folat, dan kalium jika dibandingkan dengan protein daging. Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang bergizi. Berikut ini manfaat kesehatan dari mengonsumsi kacang hijau.

Baca juga: Manfaat Makan Dua Pisang Setiap Hari Sebelum Olahraga

Menurunkan tekanan Darah
Kacang hijau mengandung kalium, yang memiliki efek berlawanan dengan natrium pada tubuh. Kalium meningkatkan ekskresi natrium di ginjal yang menarik air. Menurunkan volume darah menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah menjadi rileks.

Mengatasi peradangan
Kacang hijau mengandung banyak folat dan antioksidan. Folat membantu menurunkan peradangan melalui penurunan jumlah faktor inflamasi (makrofag) dalam tubuh. Sementara antioksidan seperti asam fenolik dalam kacang hijau juga memerangi peradangan dengan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas.

Mengelola diabetes tipe 2
Serat membuat tubuh merasa lebih kenyang dengan memperlambat waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati sistem pencernaan. Ini mencegah gula darah melonjak.

Kacang hijau mengarah pada kontrol gula darah yang lebih baik sepanjang hari. Serat juga menurunkan kolesterol “jahat” dalam tubuh dan mencegah garam empedu agar tidak diserap kembali dalam usus kecil.

Baca juga: Segudang Manfaat Air Kismis bagi Kesehatan

Menurunkan kolesterol darah
Serat kacang hijau juga membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam darah yang disebut LDL-C. Kacang hijau melakukannya dengan membatasi jumlah LDL-C yang diserap dalam darah.

Memerangi Obesitas
Diet vegetarian dengan mengonsumsi kacang hijau, lebih rendah kalori dan lemak. Makanan ini juga tidak mengandung kolesterol. Faktor ini memungkinkan untuk menurunkan berat badan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply