Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bukan Jeff Bezoss atau Bill Gates Orang Terkaya di Dunia. Lalu Siapa?

Topcareer.id – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengubah dirinya menjadi orang terkaya di dunia selama menjabat sebagai presiden. Ekonom dan pakar Rusia Anders Aslund mengklaim dalam sebuah buku barunya menurut Inquisitr.

Dalam buku berjudul “Kapitalisme Kroni Rusia: Jalan dari Ekonomi Pasar ke Kleptokrasi,” Aslund memperkirakan bahwa melalui praktik kapitalisme kroni, Putin telah mengumpulkan kekayaan bersih sekitar US $ 160 – US $ 200 miliar, yang membuatnya lebih kaya dari pemilik Amazon Jeff Bezos.

Kapitalisme kroni adalah praktik politik seorang pemimpin yang menempatkan “kroni-kroninya” ke posisi yang kuat di mana mereka menerima keuntungan yang tidak adil dalam bisnis, menurut The Business Dictionary.

Baca Juga: Kala Bos Amazon Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia, Minta Sumbangan untuk Karyawannya yang Miskin

Menurut daftar miliarder Forbes 2019, miliarder individu terkaya di dunia saat ini adalah pendiri Amazon.com Jeff Bezos, dengan perkiraan kekayaan bersih US $ 131 miliar.

Namun menurut Aslund, Putin harus tetap rendah hati tentang kekayaannya yang sangat besar, karena itu semua diperoleh secara ilegal dengan melucuti kekayaan dan sumber daya dari bisnis Rusia. Ringkasan temuan penulis dipublikasikan di blog Atlantic Council.

“Tentu saja, Putin dan kroninya tidak bisa menikmati kekayaan mereka. Ini semua tentang kekuasaan,” tulis ekonom itu di situs lembaga think tank. “Jika mereka bukan yang terkaya, mereka takut kehilangan kekuasaan.”

Secara resmi, Putin mengklaim bahwa kondisi keuangan pribadinya paling rendah, menurut dokumen yang diterbitkan oleh Quartz. Dalam pengungkapan keuangannya sendiri, dia mengklaim hidup dengan US $ 135.000 per tahun dari gajinya sebagai presiden Rusia, serta dari pensiunan militernya serta beberapa investasi kecil.

Lalu mengapa Putin tidak termasuk dalam deretan daftar Forbes sebagai orang terkaya di dunia? Alasannya adalah Forbes tidak memasukkan nama para pemimpin dan diktator.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply