Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Wow! Laba Operasi Nintendo Meroket 428%

Animal Crossing: New Horizons

Topcareer.id – Perusahaan game, Nintendo melaporkan pada Kamis (6/8/2020) bahwa laba operasinya meroket 428% pada kuartal fiskal pertama. Lompatan liar itu mencerminkan betapa industri video game tersebut telah mendapat manfaat dari pandemi virus corona.

Dikutip dari laman CNBC, raksasa game Jepang itu melaporkan laba operasional 144,7 miliar yen (USD 1,4 miliar atau Rp 19,99 triliun) pada kuartal April-Juni, melampaui ekspektasi analis dan mewakili kenaikan besar-besaran dari 27,4 miliar yen yang diposting pada kuartal tahun lalu.

Sementara itu, penjualan bersih mencapai 358,1 miliar yen, naik mengesankan 108% dari 172,1 miliar yen yang dilaporkan Nintendo pada periode yang sama tahun lalu. Penjualan konsol Nintendo Switch dan Switch Lite yang populer milik perusahaan tumbuh sekitar 167% menjadi 5,68 juta unit di kuartal tersebut.

Angka-angka tersebut menyoroti ledakan permintaan untuk game selama penguncian virus corona. Nintendo khususnya mendapat dorongan dari pandemi.

Baca juga: Naik 23,9%, Investasi Manufaktur di Semester I 2020 Makin Moncer

Judul game “Animal Crossing: New Horizons” yang dirilis pada bulan Maret, dengan cepat menjadi hit karena para pemain mencari bentuk pelarian saat terjebak di dalam ruangan.

Perusahaan sekarang telah menjual 22,4 juta kopi dari game simulasi sosial, dengan unit hampir dua kali lipat dari kuartal sebelumnya dan melampaui penjualan “Super Smash Bros Ultimate” yang dirilis pada tahun 2018.

Penjualan digital perangkat lunak naik sekitar 230% untuk Nintendo, dan menyumbang sekitar 56% dari total penjualan perangkat lunak.

Sementara, rekannya Sony melaporkan penurunan 1% laba dalam hasil kuartal pertama awal pekan ini, yang secara tidak langsung mengalahkan ekspektasi analis.

Baca juga: Kontribusi Ekspor Manufaktur Capai 79 Persen pada Semester I 2020

Meski mengalami penurunan tersebut, perusahaan juga mendapat dorongan dari game dengan penjualan game naik 82% year-on-year menjadi 91 juta unit.

Dari total jumlah game yang terjual, rekor 74% berasal dari unduhan digital.**(Feb)

Leave a Reply