Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Masker Berventilasi, Nyaman bagi Pengguna, Berbahaya untuk Sekitar

Topcareer.id – Akibat pandemi virus corona, setiap negara kini telah mewajibkan seluruh warganya mengenakan masker di depan umum, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pilihan maskernya pun beragam, mulai dari masker kain, hingga respirator N95 full-blown.

Namun di California Bay Area, Amerika Serikat, kini ada ketentuan baru. Kamu bisa memakai jenis masker apa pun yang kamu inginkan, selama tidak ada katup ventilasi di dalamnya.

Ya, masker dengan katup ventilasi memang dapat melindungi kamu dari beberapa patogen di udara, tetapi tidak melindungi orang di sekitar kamu dari output napas kamu.

Apa itu mask valve / masker berventilasi?

Beberapa masker dan respirator memiliki potongan plastik kecil yang tertanam di kain. Itu adalah katup satu arah yang akan menutup saat kamu menarik napas, sehingga patogen tidak dapat masuk melalui itu.

Tapi, saat kamu menghembuskan napas, katup ini terbuka, menciptakan pintu keluar bagi pernafasan kamu untuk meninggalkan masker.

Nah, saat kamu mengenakan masker dengan katup ventilasi, sebagian besar output pernafasan kamu sepenuhnya tanpa filter. Singkatnya, ketika kamu menggunakan masker berventilasi, mulut kamu pada dasarnya adalah knalpot terbuka.

Sampai hari ini, CDC merekomendasikan rumah sakit untuk tidak menggunakan masker dengan katup ventilasi.

“Respirator dengan katup pernafasan tidak boleh digunakan dalam situasi di mana bidang steril harus dipertahankan, misalnya, selama prosedur invasif di ruang operasi, karena katup pernafasan memungkinkan udara yang dihembuskan tanpa filter untuk keluar ke bidang steril,” tulisnya.

Apakah baik untuk menggunakan masker dengan katup ventilasi?

Tidak juga! Masker dengan katup ventilasi sebenarnya tingkat perlindungannya setara dengan masker tanpa katup ventilasi. Tetapi, jika kamu memiliki masker dengan katup ventilasi, kamu hanya melindungi dirimu sendiri dan tidak melindungi orang-orang di sekitarmu.

Alasan semua orang perlu memakai masker adalah karena semua bisa saja terinfeksi Covid-19 dan tidak mengetahuinya selama berminggu-minggu sebelum menunjukkan gejala.

Jelas ada banyak hal yang tidak diketahui dan tidak terduga tentang Covid-19, dan pandemi virus corona ini dapat menyebar melalui udara, Jadi, demi keamanan bersama, masker yang kamu pakai harus memberlakukan penyaringan dua arah.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply