Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Lebih dari 33 Juta Pelanggan Nikmati Stimulus Tarif Listrik

Topcareer.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) mencatat pelanggan yang menikmati insentif tagihan listrik mencapai kurang lebih 24,16 juta pelanggan R-1/450 VA. Sedangkan untuk pelanggan pelanggan R-1/900 VA bersubsidi mencapai 7,72 juta.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan secara total dari jumlah tersebut, pemerintah telah menggelontorkan sebesar Rp12,18 triliun selama 9 bulan.

“Ini sudah disepakati di angka itu, khususnya dengan Kementerian Keuangan,” kata Rida dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: Stimulus Keringanan Tagihan Listrik Diperpanjang Hingga Desember

Rida menyoroti adanya perubahan data pelanggan pada golongan tersebut. Untuk bulan April-September jumlah pelanggan dari kedua golongan tersebut mencapai 31,63 juta, sementara pada periode Oktober-Desember sebesar 31,88 juta pelanggan.

“Perlu diingat bantuan negara ini sifatnya sementara, tidak permanen,” tegas Rida.

Sebelumnya, kebijakan serupa juga telah dilaksanakan oleh Pemerintah dengan memberikan diskon tarif listrik 100% bagi pelanggan rumah tangga (R1) dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 50% bagi pelanggan subsidi 900 VA selama tiga bulan mulai dari April hingga Juni.

Paket stimulus ini melengkapi pemberian pembebasan penerapan rekening minimum bagi pelanggan dengan pemakaian energi listrik di bawah rekening minimum (40 jam nyala) dan biaya abonemen bagi pelanggan sosial, bisnis, industri dan layanan khusus yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu.**(RW)

Leave a Reply