Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Dua Efek Buruk Minuman Soda pada Kesehatan Gigi

Topcareer.id – Minuman bersoda sepertinya selalu nikmat dikonsumsi di semua aktivitas. Sayang, minum minuman bersoda yang tinggi gula ini paling sering dikaitkan dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan penambahan berat badan. Satu lagi efek buruknya, yakni terhadap gigimu.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, pria lebih cenderung minum soda dan minuman manis. Remaja laki-laki minum paling banyak dan mendapatkan sekitar 273 kalori dari mereka per hari. Angka itu hanya turun sedikit menjadi 252 kalori di usia 20-an dan 30-an.

Saat kamu minum soda, gula yang dikandungnya berinteraksi dengan bakteri di mulut untuk membentuk asam. Asam ini menyerang gigimu. Soda biasa dan soda bebas gula juga mengandung asamnya sendiri, dan ini juga menyerang gigi. Berikut dua efek utama soda pada gigi, dikutip dari laman Healthline.

Baca Juga: Jangan Salah, Soda Diet Tak Cocok untuk Berdiet

Erosi

Erosi dimulai ketika asam dalam minuman ringan bertemu dengan enamel gigi, yang merupakan lapisan pelindung terluar pada gigi. Efeknya adalah mengurangi kekerasan permukaan email gigi. Meskipun minuman olahraga dan jus buah juga dapat merusak enamel, mereka berhenti di situ.

Gigi berlubang

Minuman ringan, di sisi lain, juga dapat memengaruhi lapisan berikutnya, dentin, dan bahkan tambalan komposit. Kerusakan email gigi ini bisa mengundang gigi berlubang. Gigi berlubang, atau karies, berkembang seiring waktu pada orang yang minum minuman ringan secara teratur. Ditambah kebersihan mulut yang buruk, maka banyak kerusakan dapat terjadi pada gigi.

Bagaimana mencegah kerusakan

Solusi yang jelas? Berhenti minum soda. Tetapi banyak dari kita yang sepertinya tidak bisa menghentikan kebiasaan itu. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan gigi.

Minum secukupnya. Jangan minum lebih dari satu minuman soda ringan setiap hari. Hanya satu yang akan cukup merusak.

Baca Juga: Minuman Bersoda Lebih Berpotensi Bikin Diabetes

Minum dengan cepat. Semakin lama kamu meminum minuman soda, semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk merusak kesehatan gigi. Semakin cepat kamu minum, semakin sedikit gula dan asam merusak gigi.

Gunakan sedotan. Ini akan membantu menjauhkan asam dan gula yang merusak dari gigi.

Bilas mulut dengan air sesudahnya. Membilas mulut dengan air setelah minum soda akan membantu membersihkan sisa gula dan asam, dan mencegahnya menyerang gigi.

Tunggu sebelum sikat gigi. Terlepas dari apa yang mungkin kamu pikirkan, menyikat segera setelah kamu minum soda bukanlah ide yang baik. Itu karena gesekan pada gigi yang rentan dan baru diserang asam bisa lebih berbahaya. Sebaliknya, tunggu 30 hingga 60 menit.

Hindari minuman ringan sebelum tidur. Gula tidak hanya akan membuatmu terjaga, tetapi gula dan asam akan memiliki waktu sepanjang malam untuk menyerang gigi.**(RW)

Leave a Reply