Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Social Media Specialist (Bagian 2)

Sumber foto: onaplatterofgold.comSumber foto: onaplatterofgold.com

Topcareer.id – Peran social media specialist sangat penting bagi perusahaan yang ingin menjadi yang terdepan dalam permainan pemasaran dan membangun hubungan yang menarik dengan komunitas.

Dalam 18 tahun terakhir, manajemen media sosial telah berubah menjadi posisi multi-segi yang membutuhkan berbagai keterampilan interdisipliner.

Tidak heran jika pekerjaan ini sangat diminati. Social media specialist memiliki pekerjaan yang lebih signifikan daripada hanya dibayar untuk sekedar nge-Tweet.

Tugasnya mungkin termasuk mengatur strategi sosial, menganalisis data di seluruh platform, membuat konten, menjalankan iklan berbayar, mengelola kampanye, dan berkoordinasi dengan tim pemasaran dan hubungan masyarakat.

Jika kamu tertarik untuk menjadi social media specialist yang berdedikasi, berikut 10 keterampilan yang wajib kamu miliki untuk memulai karier ini:

Bagian kedua dari artikel:

Menentukan KPI
Merupakan tugas ahli strategi media sosial untuk menunjukkan kepada perusahaan bagaimana mereka dapat menggunakan media sosial untuk memenuhi tujuan dan sasaran mereka. Penentuan key performance indicator (KPI) mendefinisikan keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut. Ahli strategi media sosial harus meninjau tujuan dan strategi tersebut secara teratur dan membuat penyesuaian yang diperlukan pada KPI mereka.

Menguraikan Analytics
Analytic Tools akan memberikan data yang mengukur kinerja sosial, tetapi social media specialist yang hebat perlu memahami apa yang dikatakan analitik tersebut kepada mereka. Selalu pikirkan KPI. Bagaimana statistik tersebut memengaruhi intinya? Dengan begitu, seorang ahli strategi dapat membuat keputusan yang tepat untuk mengembangkan taktik lebih lanjut dan menentukan pengembangan konten yang akan diinvestasikan.

8) Memahami SEO
Mengintegrasikan Search Engine Optimization (SEO) dengan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas organik adalah kunci konversi. Misalnya, menambahkan interface dan link eksternal dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari. Setiap konten harus tersegmentasi, dapat dicari dan dibagikan berdasarkan audiens target. Selain menggunakan kata kunci, optimalkan setiap postingan untuk menyelesaikan searcher’s query.

Memanfaatkan Iklan Media Sosial
Ahli strategi media sosial perlu memiliki pengalaman dengan iklan sosial berbayar dan memahami bagaimana iklan dapat meningkatkan upaya media sosial organik. Sangat penting bagi ahli strategi untuk mengetahui platform mana yang terbaik bagi perusahaan dalam menjalankan iklan. Untuk praktik terbaik, ketika target pasar sejalan dengan demografi pengguna platform sosial, iklan sosial dapat memberikan peningkatan besar dalam konversi dan penjualan dengan biaya akuisisi yang lebih rendah.

Keterampilan manajemen waktu
Ahli strategi media sosial dapat memiliki hari yang sibuk di tempat kerja. Memiliki daftar tugas harian dan mingguan serta membuat kalender media sosial sebelumnya akan membantu agar tetap teratur. Mengenal tools pemasaran media sosial juga akan menghemat waktu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply