Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

3 Cara Ampuh Adaptasi Bisnis Kamu di Tengah Pandemi

Dok. Monster.com

Topcareer.id – Pandemi COVID-19 telah mengguncang perekonomian. Internasional Monetary Fund (IMF) memperkirakan kerugian kumulatif terhadap PDB dunia dari tahun 2020 hingga 2021 akan mencapai sekitar US $ 9 triliun.

Krisis akibat pandemi virus corona telah mengganggu lebih dari pasar global, ini telah mengubah kehidupan, kebutuhan, prioritas, dan perilaku belanja masyarakat.

Dalam kondisi ekonomi yang sulit, konsumen menjadi lebih peka dengan di mana dan bagaimana mereka membelanjakan uang mereka, ini menciptakan serangkaian tantangan baru.

Baca Juga: Bagaimana Meningkatkan Omzet Bisnis Kuliner Selama Pandemi COVID-19

Sentrisitas pelanggan adalah istilah yang telah digunakan sejak tahun 1960-an, namun tidak pernah lebih relevan daripada di lanskap bisnis saat ini. Dalam lingkungan yang ekstrim seperti itu, pelanggan menginginkan lebih dari penawaran terbaik atau harga terendah. Mereka mencari ketergantungan, keyakinan, dan kepercayaan pada merek yang mereka pilih untuk berbisnis.

Tujuan akhir dari bisnis yang berpusat pada pelanggan adalah loyalitas pelanggan. Mempertahankan loyalitas adalah tentang menyesuaikan penawaran bergantung pada perubahan kebutuhan pelanggan.

Berikut ini tiga cara bisnis untuk beradaptasi dengan perubahan hubungan pelanggan sehubungan dengan pandemi COVID-19.

Biarkan tujuan pertumbuhan bisnis kamu mengikuti keadaan

Jika menumbuhkan basis pelanggan adalah prioritas untuk bisnis kamu saat ini, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan biaya jangka panjang pertumbuhan itu, baik dari segi reputasi maupun finansial, untuk menentukan apakah itu jalur yang berkelanjutan.

Beberapa bisnis terabaikan jika tidak terkena dampak pandemi. Akibatnya, banyak perusahaan terpaksa memfokuskan kembali prioritas, sumber daya, dan tujuan mereka untuk bertahan dari krisis. Jika bisnis kamu belum mempertimbangkan dampak ekonomi langsung atau masa depan dari pandemi dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi organisasi, kamu perlu mulai melakukannya sekarang.

Bagian dari mengevaluasi dampak ini adalah melihat faktor-faktor yang dapat kamu kendalikan, atau setidaknya pertahankan, untuk memastikan bisnis berjalan seperti biasa. Elemen utama dari strategi bertahan hidup adalah mempertahankan basis pelanggan yang sudah ada.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply