Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Desa Kebugaran di Swedia Dijual Seharga Rp 108 Miliar, Siapa Mau?

Topcareer.id – Pandemi virus corona mungkin telah membuat sebagian besar pasar properti global terhenti, tetapi di Swedia, yang tidak pernah sepenuhnya lockdown, sebuah desa telah dijual seharga 70 juta krona Swedia (US $ 7,3 juta) atau sekitar 108 miliar rupiah.

Satra Brunn adalah “desa kebugaran” di pinggiran ibu kota Swedia, Stockholm. Desa ini dibangun pada tahun 1700 ketika dokter Samuel Skragge menemukan sumber air di Satra dan membeli tanah di sekitarnya. Dia kemudian membangun sumur, rumah, rumah sakit dan gereja.

Hal ini terjadi pada saat mata air alami melonjak popularitasnya, karena minum dan mandi dengan air berkualitas tinggi dianggap memiliki efek penyeimbangan dan penyembuhan pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

Baca Juga: Di Desa Ini, Rumah Dijual Rp 14 Ribu, Berminat?

Tersiar kabar tentang “sifat penyembuhan” air Satra Brunn, ini menarik elit lokal untuk membangun rumah musim panas di atas tanah, yang telah disumbangkan kepada pemilik tanah.

Para tamu diundang untuk meminum air desa ini setiap hari. Mandi rendam hangat atau dingin juga ditawarkan, karena diyakini dapat membantu menyeimbangkan emosi.

Kemudian pada tahun 1740-an, lahan dan rumah dibeli oleh seorang uskup dari kota Vasteras, yang beberapa tahun kemudian menyerahkannya kepada Universitas Uppsala, salah satu universitas ternama di Swedia.

Pada tahun 2002, universitas kemudian menjual Satra Brunn kepada 16 pengusaha lokal dan desa tersebut telah dijalankan sebagai spa dan tempat acara.

Sejak 2015, usaha pembotolan air juga sudah beroperasi di desa yang termasuk dalam penjualan. Ini hanyalah satu dari tujuh mata air yang dianugerahi gelar kemurnian air tertinggi di Swedia.

Desa itu sendiri membentang di hampir 60 hektar, dengan 84 hektar tanah yang belum dikembangkan lainnya termasuk dalam pembelian.

Satra Brunn dan semua real estatnya terdaftar sebagai perseroan terbatas, yang berarti tidak ada batasan bagi pembeli asing, menurut broker Jonas Martinsson, yang menggambarkan arsitektur desa sebagai “berjalan melewati waktu”.

Residence Fastighetsmakleri, afiliasi dari Christie’s International Real Estate di Swedia, memegang daftar jual tersebut.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply