Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penelitian: Tertawa Tingkatkan Daya Ingat

Sumber foto: rokusek.com

Topcareer.id – Pernahkah kamu kesulitan mengingat di mana kamu baru saja meninggalkan kunci? Tertawakan saja. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek pada orang dewasa dan yang lebih tua.

Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Loma Linda di California Selatan, 20 orang dewasa yang normal, sehat, dan lebih tua menonton video lucu tanpa gangguan selama 20 menit, sementara kelompok lain duduk dengan tenang tanpa video. Setelah itu, mereka melakukan tes memori dan menganalisis sampel air liur untuk mengetahui hormon stres.

Mereka yang tertawa dalam 20 menit dengan video lucu mendapat skor lebih baik pada tes memori jangka pendek, kata peneliti. Dan kadar hormon stres kortisol dalam air liur menurun secara signifikan pada kelompok humor.

Baca Juga: Orang yang Sering Tertawa Dianggap Lebih Siap Atasi Stres

“Kemampuan belajar dan ingatan yang tertunda menjadi lebih menantang seiring bertambahnya usia,” kata penulis studi Dr. Gurinder S. Bains, Ph.D. “Tertawa dengan teman-teman atau bahkan menonton humor selama 20 menit di TV, seperti yang saya lakukan setiap hari, membantu saya mengatasi pemicu stres harian saya.” kata Bains.

Semakin sedikit stres yang kamu miliki, kata peneliti, maka semakin baik ingatan kamu. Cara kerjanya seperti ini: humor mengurangi hormon stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan suasana hati, menurut Dr. Lee Berk, rekan penulis studi dan profesor di Allied Heath.

“Tindakan tertawa atau sekadar menikmati humor bisa meningkatkan hormon endorfin dan mengirimkan dopamin ke otak untuk memberikan rasa senang,” kata Berk.

Hal itu, pada gilirannya, membuat sistem kekebalan bekerja lebih baik dan mengubah aktivitas gelombang otak menuju apa yang disebut “frekuensi gamma”, yang bisa meningkatkan daya ingat.

Ingin menurunkan tingkat stres? “Mulailah dengan lebih banyak tertawa setiap hari,” kata Bains. “Ini akan meningkatkan kualitas hidup Anda.” pungkasnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply