Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kondisi Langka, Penderita Penyakit Ini Miliki Daya Ingat Luar Biasa

Topcareer.id – Apakah kamu pernah ingat apa yang kamu makan pada malam hari dua tahun lalu dari hari sekarang? Atau nggak usah terlalu jauh deh, bagaimana dengan dua minggu lalu? Ingat?

Sebagian besar orang tidak memiliki daya ingat luar biasa. Tetapi sejumlah kecil orang, termasuk seorang wanita California bernama Jill Price, dapat mengingat peristiwa semacam itu dengan sangat terperinci.

Ia dan orang lain semacam ini memiliki kondisi yang disebut hyperthymesia syndrome. Ini sering disebut sebagai Highly Superior Autobiographical Memory(HSAM) atau memori autobiografi super.

Baca Juga: Penelitian: Tertawa Tingkatkan Daya Ingat

Ahli saraf di University of California, Irvine menciptakan istilah hyperthymesia untuk menggambarkan daya ingat Jill Price yang luar biasa. Dalam pengujian ekstensif, ia mendemonstrasikan kemampuan untuk mengingat detail peristiwa yang terjadi pada hari-hari tertentu, yang mencakup beberapa dekade sebelumnya dalam hidupnya.

Sampai saat ini, hanya sejumlah kecil orang yang telah didiagnosis dengan HSAM. Penelitian sedang berkembang, karena para ilmuwan berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara sirkuit dalam otak mereka dalam memproses memori. Ini memiliki potensi untuk membantu orang dengan gangguan memori, seperti orang yang menderita amnesia atau memiliki cedera otak.

Bagaimana HSAM terjadi?
Orang-orang yang telah didiagnosis dengan HSAM mewakili berbagai usia, latar belakang kehidupan, dan tingkat kecerdasan. Mereka mungkin menghabiskan banyak waktu memikirkan hal-hal yang terjadi pada mereka di masa lalu.

Mereka memiliki kemampuan untuk berkonsentrasi dalam menghalangi gangguan di lingkungan sekitar mereka dan mereka lebih cenderung melamun dan berfantasi.

Baca Juga: Waspada! Gula Darah Tinggi Picu Daya Ingat Menurun

Banyak orang dengan HSAM memiliki koleksi besar dari ingatan yang telah mereka kelola dan katalog kan dengan sangat cermat.

Orang dengan HSAM memproses ingatan jangka pendek dengan cara yang sama seperti kebanyakan orang. Tetapi para peneliti telah menemukan bahwa tidak seperti kebanyakan orang, keakuratan dan detail ingatan meningkat seiring waktu pada orang dengan HSAM.

Pemilik HSAM sering dapat mengingat hal-hal yang terjadi ketika mereka masih kecil. Apalagi ingatan tentang peristiwa yang terjadi setelah usia sekitar 10 atau 12 akan lebih jelas dan terperinci.

Apa yang menyebabkan HSAM?
Belum ada yang mengerti mengapa beberapa orang bisa memiliki HSAM. Dengan mengambil gambar otak, para peneliti telah memperhatikan bahwa beberapa bagian struktur otak orang-orang dengan HSAM berbeda dari orang-orang yang memiliki fungsi memori yang khas.

Namun, tidak diketahui apakah perbedaan ini menyebabkan HSAM atau jika mereka terjadi karena penggunaan yang lebih besar dari area otak yang terkait dengan memori.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply