- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, January 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada! Gula Darah Tinggi Picu Daya Ingat Menurun

Dok. The Conversation

Topcareer.id – Kalau kamu penggemar makanan manis yang kaya kandungan gula, kamu patut cermat mengatur tingkat konsumsinya.

Pasalnya, sebuah tim peneliti dari Charite University Medical Center di Berlin telah menjalankan sebuah studi yang menunjukkan kaitan antara tingkat gula darah dengan daya ingat manusia.

Ditemukan, tingkat gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan kemunduran daya ingat pada seseorang. Seperti disampaikan dalam jurnal Neurology, hal ini berlaku baik bagi orang diabetik maupun dalam kondisi pre-diabetik.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Studi yang dijalankan melibatkan 141 orang yang berusia sekitar 63 tahun, demikian dilansir Genius Beauty.

Sebuah tes untuk pemeriksaan gula darah dilakukan, begitu pula scan otak untuk mengukur ukuran hippocampus, bagian yang berperan penting dalam proses daya ingat.

Baca juga: Kematian Akibat Diabetes Terjadi Setiap 6 Detik

Orang dengan tingkat gula darah yang rendah menunjukkan hasil yang lebih baik saat daya ingat diperiksa. Sedangkan mereka yang memiliki tingkat gula darah yang tinggi, menunjukkan hal sebaliknya.

Agnes Floel, kepala penelitian Charite University Medical Center di Berlin beranggapan, dengan menurunkan tingkat gula darah, maka cara ini dapat menjadi upaya efektif untuk mencegah permasalahan daya ingat dan memperbaiki tanggapan kognitif seseorang. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply