Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Ciri-Ciri Pekerja Sales yang Paling Dicari Perekrut

Topcareer.id – Pekerja sales atau tenaga penjualan seolah seperti ujung tombak bagi perusahaan dengan “menu utama” penjualan produk/jasa. Agar menghasilkan pendapatan penjualan yang baik, maka rekrutmen tenaga penjual pun tak bisa asal-asalan.

“Saat saya membangun tim penjualan untuk startup perangkat lunak terbaru saya, Endpass, saya telah memikirkan tentang apa yang membedakan penjual yang luar biasa dari mereka yang tampaknya tidak dapat mencapai kuota,” kata Heather. Morgan, Co-Founder dan CEO Endpass, dalam laman Inc.

Berikut adalah ciri-ciri utama yang harus dicari dalam perekrutan tenaga penjualan yang luar biasa:

Disiplin diri

Penjual terbaik sering kali tidak membutuhkan banyak manajemen, hanya struktur insentif yang tepat dan lingkungan kerja yang saling menghormati, membuat mereka dapat tumbuh dan berkembang. Bekerja di perusahaan dengan produk hebat membuat penjualan lebih mudah, tetapi tenaga penjualan top bisa menjual apa saja. Disiplin selalu menjadi ciri penting untuk perekrutan penjualan yang baik.

Kreativitas

Sifat ini cocok dengan kelincahan. Jika kamu bisa menjadi kreatif, kamu dapat memikirkan pendekatan baru untuk membantumu dalam persaingan. Mungkin kamu bertukar pikiran tentang proposisi nilai baru yang menarik yang bahkan belum terpikirkan oleh tim pemasaran.

Tekad kuat

Melakukan penjualan itu sulit. Kamu harus terus-menerus dihadapkan pada penolakan; transaksi yang kamu pikir pasti akan tercapai sering kali gagal pada menit terakhir. Sama seperti wirausahawan yang hebat, sales yang hebat harus memiliki ketekunan yang besar untuk menghadapi semua pukulan dan tetap maju. Inilah yang membedakan antara mereka yang secara konsisten mencapai target dan mereka yang gagal ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

Pengorganisasian yang luar biasa

Setiap tenaga penjual berpengalaman tahu bahwa transaksi penutupan membutuhkan volume jangkauan penjualan yang cukup. Tidak jarang mengerjakan selusin atau lebih kesepakatan secara bersamaan jika ingin mencapai atau melebihi target.  Penjualan adalah tentang ketepatan waktu; semakin cepat menindaklanjuti orang, semakin besar peluang untuk mencapai kesepakatan.

Kecerdasan

Penjual teratas pandai mengenali dan menciptakan peluang. Mereka dengan hati-hati mengamati perubahan yang membuat calon pelanggan siap membeli. Mereka dapat menggali informasi yang mereka masukkan ke dalam percakapan untuk langsung membangun hubungan yang dalam. Dan ketika kesepakatan gagal, mereka sudah memiliki kontak lain yang bisa menjadi pendukung mereka.

Penulis yang baik

Lebih dari sebelumnya, penjualan telah menjadi aktivitas virtual. Jauh sebelum pandemi, organisasi penjualan yang cerdas sudah menjual dari jarak jauh karena mereka menyadari itu lebih hemat biaya dan dapat diskalakan daripada pergi ke konferensi. Kamu tetap masih harus pandai berbicara dengan orang lain melalui telepon atau melakukan panggilan video, tetapi email selalu lebih terukur dan efektif.

Pembelajar seumur hidup

“Saya menemukan sifat ini dalam perekrutan yang berhasil dari semua peran, terutama saat merekrut untuk perusahaan teknologi,” kata Morgan.

Jika pernah bekerja di sebuah startup, maka akan tahu seberapa cepat hal-hal berubah: produk baru untuk dipelajari, pasar baru untuk ditargetkan, pesaing baru bermunculan, dan lain-lain.**(RW)

Leave a Reply