Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Apakah Pekerjaanmu Sesuai Dengan Personality Kamu? Cek 4 Tanda Ini

Ilustrasi. (dok. Killer Innovation podcast)

Topcareer.id – Apakah pekerjaanmu sudah sesuai dengan personality kamu? Untuk menjawabnya, kamu bisa memerhatikan 4 tanda yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Yang pasti, ketika orang-orang memiliki karier yang tidak sesuai dengan kepribadian mereka, akan ada penurunan tingkat kepuasan kerja dibandingkan dengan orang lain yang lebih cocok untuk bidang tersebut.

Berdasarkan teori kepribadian tipe 16 yang dikemukakan oleh Briggs dan Myers, terdapat empat dimensi tipe kepribadian, yakni gaya berpikir, gaya energi, gaya nilai, dan gaya hidup.

Kombinasi dari dimensi-dimensi ini secara positif atau negatif akan mempengaruhi kompatibilitas seseorang dengan bidang karier tertentu.

Nah, tak perlu menunggu lama lagi, berikut empat tanda bahwa karier kamu tidak sesuai dengan kepribadianmu.

Kebosanan
Sederhana saja. Bidang kerja tempat kamu berada tidak lagi menarik minatmu. Kebosanan adalah salah satu tanda paling jelas bahwa karier kamu tidak sesuai dengan kepribadianmu.

Jika kamu berada dalam situasi ini, cobalah mengikuti tes karier yang sangat membantu dan dapatkan kejelasan tentang jenis peran apa yang lebih cocok dengan tipe kepribadian kamu.

Merasa tidak terpenuhi
Perasaan tidak terpenuhi cenderung merayap perlahan ketika kamu bekerja di karier yang salah, terutama yang tidak sejalan dengan nilai-nilai inti diri kamu. Nilai-nilai inti dari dalam diri itu unik, karena kamu tidak akan bisa mengabaikannya lama-lama.

Mereka akan menemukan cara untuk membuatmu mencari cara alternatif yang bisa lebih memuaskan dirimu. Dalam hal ini, kamu akan bisa saja lebih banyak membangkang demi pemenuhan hasratmu dalam bekerja.

Tertahan oleh kurangnya peluang pertumbuhan
Manusia secara intrinsik ingin bertumbuh. Ini berlaku untuk semua bidang kehidupan, bukan hanya karier. Ketika seorang karyawan mulai merasa tidak ada tempat untuk dituju dalam struktur organisasi mereka, perasaan terjebak akan muncul.

Beberapa tipe kepribadian mentolerir situasi ini lebih baik daripada yang lain. Seorang introvert misalnya, mungkin sangat puas untuk hidup pada saat ini dan memilih mengikuti arus. Sebaliknya, ekstrovert kemungkinan tidak akan berdiam diri dan menunggu promosi terjadi.

Sering melamun
Ketika kamu sedang bekerja, apakah kamu sering melamun dan berpikir tentang hal-hal hebat yang bisa kamu lakukan? Apakah kamu mendapati dirimu sedang melamun tentang menghabiskan lebih banyak waktu untuk hobi kamu?

Jika jawaban atas pertanyaan tersebut adalah ya, kemungkinan besar kamu berada dalam karier yang tidak sesuai dengan kepribadian kamu.

Passion orang adalah alat yang hebat dalam membantu mereka menemukan karier yang sesuai dengan kepribadian mereka, karena orang cenderung memilih hobinya berdasarkan nilai terdalam mereka, dan bukan pada faktor eksternal seperti gaji atau keamanan pekerjaan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply