Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Konsultasi Karier

Know Where You Stand: Modal untuk Layak Dapat Promosi

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Kali ini saya ingin mengajak berefleksi, bagaimana keadaan karier Kamu sekarang, apakah ada sesuatu yang sedang dikejar, atau masih menikmati posisi saat ini? Ketika pekerjaan terasa mudah dan tantangan berkurang, mungkin Kamu perlu menata ulang tujuan.

Untuk bisa terus maju dalam menata karier, penting untuk selalu memiliki goal atau tujuan. Jangan terlena dengan rutinitas pekerjaan yang sudah Kamu kuasai. Misalnya saja, buatlah inovasi yang dapat disambut baik oleh perusahaan, atau menunjukkan ke atasan bahwa Kamu layak untuk mendapatkan promosi.

Nah, apa, sih, yang membuat seseorang layak naik jabatan? Mari kita lihat beberapa hal berikut:

Berpikiran positif. Orang yang berpikiran positif akan memancarkan kebaikan di penampilan dan perilakunya sehari-hari. Rekan kerja dan atasan pun akan senang bekerja sama dengan Kamu.

Mau belajar. Learning is a never-ending process. Belajar hal baru setiap hari akan memperkaya diri Kamu. Selain itu, hindari rasa takut untuk belajar karena merasa tidak bisa.

Memiliki keinginan untuk maju. Perusahaan ingin seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk maju. Nyaman di posisi saat ini memang tidak akan menimbulkan kerugian, namun akan membuat inovasi menjadi terhambat.

Menunjukkan kedisiplinan. Disiplin dan konsisten dalam melakukan pekerjaan akan menghasilkan sesuatu yang positif. Misalnya saja, disiplin untuk datang sebelum waktu rapat akan memberikan Kamu waktu lebih untuk mempersiapkan materi. Bayangkan jika Kamu tidak disiplin soal waktu dan terlambat, ada rasa sungkan datang ke ruangan, materi tidak dipersiapkan dengan baik, serta fokus pada rapat bisa terganggu.

Dapat diandalkan. Perusahaan butuh seseorang yang bisa diandalkan dalam hal pekerjaan. Jika Kamu memperkirakan sebuah pekerjaan akan selesai dalam dua hari, sebaiknya tepati dan berikan hasil terbaik Kamu.

Bisa menempatkan diri. Know where you stand in the company. Selama prinsip Kamu tidak menentang dan bisa membawa kebaikan untuk perusahaan, beranikan diri untuk berinovasi dan berpendapat. Namun, selalu gunakan cara yang baik untuk menyampaikannya. Berdiplomasi merupakan salah satu kompetensi yang penting, terutama dalam membangun komunikasi yang positif dalam hal pekerjaan.

Semua hal tersebut bisa jadi modal Kamu untuk layak dapat promosi, perlu dibangun melalui kebiasaan positif, mulai saat ini!

Pentingnya Role Model dan Menjadi Satu Visi dengan Perusahaan

Apa pun yang dikerjakan, Kamu perlu memiliki sosok role model. Seseorang yang bisa Kamu tiru semangatnya, motivasinya, serta caranya mencapai tujuan. Tidak perlu jauh, lihatlah senior dan atasan yang sudah sukses, atau orang terkenal yang berkecimpung di bidang yang sama.

Baca kisah hidup mereka dan cari tahu bagaimana mereka memotivasi diri. Di dunia digital saat ini, cukup mudah untuk mencari berbagai informasi. Manfaatkan kemudahan tersebut untuk memperkaya diri dengan pengetahuan dan motivasi.

Bagaimana jika perusahaan luput melihat apa yang kita upayakan?

Agar perusahaan melihat talenta Kamu, pastikan Kamu menjadi seseorang yang jujur, ramah, rendah hati, dan ringan untuk membantu rekan atau orang lain dalam pekerjaan. Kesediaan Kamu untuk mengambil pekerjaan tambahan ketika pekerjaan utama sudah selesai, juga bisa menjadi salah satu nilai plus.

Kemudian, pastikan hasil pekerjaan Kamu berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa Kamu memiliki visi yang sama dengan tempat Kamu bekerja. Sehingga, ketika naik jabatan nanti, Kamu bisa proaktif melakukan pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan.

Selain itu, Kamu perlu mengadopsi budaya perusahaan yang positif dan tunjukkan hal tersebut dalam cara kerja Kamu. Misalnya saja, perusahaan memiliki budaya kerja yang cepat dan tepat, maka Kamu perlu meningkatkan kedua kompetensi tersebut dalam menyelesaikan sesuatu. Yang terpenting, Kamu perlu menjadi bagian dari yang mengupayakan solusi, bukan bagian dari masalah. Good luck!**(Feb)

Berpengalaman selama lebih dari 25 tahun di bidang SDM antara lain Head of HR di Standard Chartered Bank, Bank Danamon, PT Trakindo Utama dan sekarang Advisor PT United Family Food. Juga pernah menjadi HR Officer di PT Johnson and Johnson Indonesia dan Bankers Trust.

Leave a Reply