Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hapus 10 Kemampuan Usang Ini di Resume Kamu (Bagian 2)

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Apakah kamu masih meletakkan kemampuan Microsoft Office di resume atau CV saat melamar kerja? Meski dulu ini merupakan keahlian istimewa yang paling diharapkan dari kandidat, tapi sekarang sudah tak perlu lagi. Ya, karena kemampuan ini tertanam di kehidupan sehari-hari.

Kamu mungkin perlu cek ulang, keterampilan mana yang sudah usang dan tak layak lagi dicantumkan dalam CV atau resume-mu. 

Berikut beberapa keterampilan yang tak perlu kamu letakkan di resume, berdasar laman The Ladders.

Bagian akhir dari artikel.

Email

Ini adalah salah satu dari keterampilan yang dianggap sudah dimiliki oleh tiap kandidat kerja. Sangat umum bagi kebanyakan orang untuk memiliki alamat email pribadi, serta tahu cara mengirim dan menerima komunikasi email.

Faktanya, kamu mungkin menggunakan email dalam beberapa cara untuk melamar pekerjaan, baik dengan mengirim lamaran melalui email secara langsung, atau mengirimkan lamaran dalam sistem online yang membutuhkan email untuk digunakan.

Karena itu, akan sangat mubazir untuk mencantumkan email sebagai keahlian di resume.

Teknologi ketinggalan jaman

Bergantung pada industri apa yang kamu geluti, kamu mungkin tergoda untuk memasukkan keterampilan tertentu di resume yang kamu miliki, tapi mungkin sebenarnya sudah ketinggalan zaman.

Misalnya, pemrogram komputer yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menguasai bahasa pengkodean kuno harus fokus hanya pada memasukkan keterampilan teknologi pada resume mereka yang relevan dengan bahasa pengkodean yang lebih modern dan banyak digunakan.

Pengarsipan

Di mana banyak kantor dulunya dipenuhi dengan tumpukan catatan kertas, mengajukan dokumen secara elektronik adalah tugas yang cukup sederhana dan praktik yang diterima secara umum.

Namun, mencantumkan istilah “pengarsipan” pada bagian keterampilan resume cukup ketinggalan zaman berkat teknologi yang kini semakin modern.

Pengolahan kata

Istilah “pengolah kata” digunakan untuk merujuk pada kemampuan seseorang mengetik kata ke dalam dokumen di komputer, namun sekarang sudah sangat usang. Sangat jarang bagi seseorang untuk melewati sekolah menengah hari ini tanpa harus menggunakan keterampilan ini.

Sama halnya dengan tidak mencantumkan fakta bahwa kamu tahu cara mengetik atau mengoperasikan aplikasi Microsoft Office, jika kamu melamar pekerjaan hari ini, secara umum diterima bahwa kamu tahu cara membuka dokumen pengolah kata dan mengetik di dalamnya.

Entri data

Sama seperti pengolah kata, entri data adalah keterampilan lain yang secara umum diterima sebagai pengetahuan umum bagi pencari kerja modern. Kemampuan untuk melihat angka pada semacam laporan dan memasukkan data ke dalam spreadsheet adalah keterampilan dasar yang tidak perlu dicantumkan di resume sebagai kemampuan mewah.

Jika kamu melihat istilah “entri data” itu sendiri terdaftar sebagai keterampilan yang diperlukan dalam posting pekerjaan untuk posisi tertentu, itu kemungkinan besar akan menjadi khusus industri, dan biasanya mengacu pada kemampuan untuk memasukkan data ke dalam sistem khusus.**(Feb)

Leave a Reply