Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ragam Cara Atasi Creative Block

Dok. APA Blog Mental Health

Topcareer.id – Bagi seorang profesional kreatif, creative block tidak hanya membuat frustrasi, tetapi juga berpotensi merusak karier.

Jika kamu mengandalkan kreativitas untuk bertahan hidup dan membangun reputasi, kamu tidak boleh kekurangan ide atau energi untuk mewujudkannya.

Tetapi, semua creative block bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jenis creative block yang berbeda-beda memerlukan solusi yang berbeda pula.

Berikut cara yang paling umum untuk membebaskan diri dari beberapa jenis creative block.

Terlalu banyak berpikir
Saat kamu merasa terlalu banyak berpikir dan creative block mulai menyerang, cobalah untuk keluar dari jenis blok kreatif ini dengan keluar dari pikiran kamu.

Kamu bisa mencoba pergi ke tempat baru seperti ke kafe atau taman. Keluar dan berada di lingkungan baru dapat melakukan keajaiban untuk mengubah pola pikir dan membawa pemikiran baru yang segar. Berikanlah otak sesuatu yang baru untuk dialami.

Merasa takut berlebihan
Cara memperbaikinya adalah menghadapi ketakutan kamu dan lepaskan rasa tidak amanmu. Kamu bisa mencoba mengingatkan diri kamu sendiri mengapa kamu memulai semua ini bisa menjadi motivator yang kuat. Ingatkan diri mengapa Kamu memulai dan mengapa harus kembali.

Berhentilah dari berusaha keras untuk menjadi kreatif dan lakukan tugas berulang yang kamu kuasai. Pilihlah sesuatu yang membutuhkan waktu, dan berulang sehingga kamu bisa membiarkan pikiran dan perasaan untuk tenang.

Baca juga: Studi: Orang Marah Memproduksi Ide Lebih Kreatif dan Cepat

Rutinitas kreatif tidak berhasil
Untuk keluar dari jenis creatif block ini, kamu harus mengubah jadwal dan harapan kreatif kamu. Temukan waktu terbaik kamu untuk berkreasi. Cobalah waktu yang berbeda dalam satu hari untuk melihat kapan kamu merasa paling kreatif, dan kapan paling mudah bagi kamu untuk terjebak.

Lakukan yang terbaik untuk dirimu. Setelah menemukan waktu tepat, jadikanlah kebiasaan. Jangan lupa untuk cukup tidur dan makan. Kamu tidak bisa mengharapkan pikiran dan tubuhmu menjadi kreatif jika tidak merawatnya.

Perubahan / masalah hidup mengganggu
Kamu harus menganalisis masalah untuk menemukan solusi, atau mengatasinya. Cobalah untuk menyelesaikan masalah pribadi. Cobalah untuk menemukan solusi sehingga kamu dapat berhenti memikirkannya. Beristirahatlah sejenak dari berkreasi untuk mengatasi masalah tersebut, beri diri kamu istirahat.

Jangan biarkan itu berlangsung selamanya. Coba lihat pekerjaan kamu sebagai perlindungan dari kekhawatiran. Dan kamu juga bisa untuk mencoba bicara. Temukan seseorang untuk diajak bicara, baik itu anggota keluarga, teman, mentor, atau terapis. Kamu mungkin perlu mengatasi masalah ini sebelum kamu dapat kembali ke pola pikir kreatif.

Terlalu banyak bekerja
Cobalah untuk mengatakan tidak untuk sementara waktu jika kamu merasa kewalahan dengan segala hal yang harus dilakukan, mulailah mengatakan TIDAK lebih sering. Kamu tidak dapat melakukan semuanya, dan kamu tidak perlu melakukannya. Buatlah daftar prioritas dan singkirkan tugas yang tidak ingin kamu lakukan lagi. Kamu juga perlu memberi diri kamu waktu relaksasi.

Setelah memiliki lebih banyak waktu dalam hari kamu, jangan otomatis mengisinya dengan lebih banyak tugas yang harus dilakukan dan pekerjaan yang sibuk. Pastikan juga berinvestasi dalam perawatan diri, dan berikan dirimu waktu untuk bersantai.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply