Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Aset dan Value Dirimu yang Harus Dikembangkan Sepanjang Perjalanan Karier (Bagian 2)

Topcareer.id – Karier tidak ditentukan oleh pekerjaan. Keberhasilan karier ditentukan oleh kemampuan kamu untuk mengembangkan aset dan menggunakannya untuk memperoleh value yang kamu cari.

Pekerjaan hanyalah transaksi, sebuah mekanisme di mana kamu menukar aset dari dirimu dengan apa yang kamu hargai.

Ini bukan lagi tentang mendapatkan pekerjaan hebat atau meningkatkan peringkat perusahaan. Jika kesuksesan karier bergantung pada pertukaran aset untuk value, maka ada dua kunci untuk membangun karier kamu yaitu:

  • Kemampuan kamu untuk mengembangkan aset.
  • Kemampuan kamu untuk menukarnya dengan value yang benar.

Baca Juga: Karier Stuck, Tapi Bingung Bertahan atau Pergi? Coba Tips Ini

Dengan mengingat hal tersebut, berikut ini rincian empat aset inti yang perlu kamu kembangkan dan empat jenis value yang harus kamu cari sebagai gantinya.

Bagian kedua dari artikel:

Ingat, pekerjaan hanyalah transaksi di mana kamu memperdagangkan aset kamu untuk sesuatu yang kamu hargai. Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap menilai pekerjaan berdasarkan uang yang dibayarkan kepada kamu, uang hanyalah satu jenis nilai yang tersedia bagi kamu sebagai imbalan atas aset yang kamu miliki.

Berikut adalah rincian tentang empat jenis value yang bisa dibuka oleh aset yang kamu miliki.

Value #1: Money
Ini jelas dan sayangnya yang mendorong terlalu banyak keputusan karier. Berapa banyak uang yang kamu inginkan atau butuhkan? Uang itu penting dan tidak ada yang salah dengan mencarinya, tetapi ketahuilah bahwa sering kali pilihan yang dibuat berdasarkan uang cenderung diarahkan pada kepentingan jangka pendek dan bukan tujuan jangka panjang.

Value #2: Learning
Apa yang bisa kamu pelajari? Bagaimana ini akan memungkinkanmu untuk mengembangkan pengetahuanmu? Pembelajaran dapat terjadi dalam jutaan cara berbeda dan penting untuk membuat pilihan yang menghasilkan peluang bagi kamu untuk mempelajari hal-hal baru. Saat kamu melakukannya, pastikan aset kamu terus tumbuh dan membuka lebih banyak value masa depan untuk diri kamu sendiri.

Value #3: Opportunity
Peluang apa yang akan diciptakan pekerjaan ini untuk kamu? Akankah itu membuka pintu baru? Jangan pernah mengambil pekerjaan hanya berdasarkan apa yang akan terjadi dalam pekerjaan itu. Pertimbangkan apa yang mungkin ditimbulkan oleh pekerjaan itu selanjutnya. Untuk membangun karier yang sukses, kamu harus menumpuk peluang di atas satu sama lain dan menghindari jalan buntu. Pekerjaan yang tampaknya buruk yang kemungkinan besar akan menghasilkan peluang luar biasa dalam satu atau dua tahun bukanlah pekerjaan yang buruk, itu sarana untuk mencapai tujuan. Jangan meremehkan nilai peluang.

Value #4: Experience
Akankah suatu pekerjaan menghasilkan pengalaman yang menarik? Akankah pengalaman itu berharga bagi orang lain di kemudian hari? Apakah kamu mengumpulkan pengalaman yang berbeda namun tetap saling melengkapi? Hidup dimaksudkan untuk dialami, bukan hanya dijalani. Kamu harus menilai nilai peluang kerja dengan mempertimbangkan hal itu. Ada baiknya mengejar peluang yang melibatkan kamu untuk keluar dari zona nyaman. Pengalaman lebih dari sekedar petualangan. Ini juga tentang menilai akumulasi pengalaman di bidang atau minat yang kamu pilih. Pengalaman itu berharga bila relevan, jangan mengabaikannya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply