Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini yang Perlu Dilakukan Saat Membuat Kesalahan di Kantor

Dok. All4Women

Topcareer.id – Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan. Dalam banyak situasi, kamu dapat memperbaiki kesalahan atau melupakannya dan melanjutkan. Namun, membuat kesalahan di tempat kerja lebih serius. Ini bisa berdampak buruk pada perusahaan.

Saat kamu membuat kesalahan di tempat kerja, kariermu mungkin bergantung pada apa yang kamu lakukan selanjutnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat membuat kesalahan di tempat kerja, seperti dikutip dari laman The Balance Career.

Akui kesalahanmu

Segera setelah kamu mengetahui ada sesuatu yang tidak beres, segera beri tahu atasan. Kecuali kamu melakukan kesalahan kecil yang tidak akan memengaruhi siapapun, dan kamu dapat segera memperbaikinya.

Baca Juga: 6 Kesalahan Teknologi Sepele yang Bikin Bos Kesal Padamu

Kalau masalah besar, jangan mencoba menyembunyikan kesalahanmu. Jika kamu melakukan itu, kamu bisa terlihat jauh lebih buruk, dan orang lain bahkan dapat menuduhmu menutup-nutupi. Bersikap terbuka tentang hal itu akan menunjukkan profesionalisme.

Hadirkan bos dengan rencana untuk memperbaiki kesalahan

Kamu perlu membuat rencana untuk memperbaiki kesalahanmu dan menyampaikannya kepada atasan. Mudah-mudahan, kamu bisa mengumpulkan informasi sebelum mendekatinya terlebih dahulu, tetapi jangan buang waktu jika kamu tidak bisa. Yakinkan dia bahwa kamu sedang mencari solusi.

Kemudian, setelah kamu tahu apa yang perlu kamu lakukan, tunjukkan. Jelaskan dengan sangat jelas tentang apa yang menurutmu harus dilakukan dan apa yang kamu harapkan hasilnya. Beri tahu atasan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkannya.

Jangan tunjuk orang lain

Dalam lingkungan yang berorientasi pada tim, ada kemungkinan besar orang lain juga bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Meskipun orang biasanya senang mengambil pujian atas kesuksesan, mereka enggan melakukan kesalahan. Jika kamu bisa, minta semua orang untuk mendekati atasan bersama-sama untuk memberi tahu dia bahwa ada yang tidak beres.

Akan ada beberapa orang yang mengatakan “itu bukan salah saya.” Itu tidak akan membantumu untuk menuding orang lain, bahkan jika mereka berbagi tanggung jawab atas kesalahan tersebut. Pada akhirnya diharapkan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya masing-masing.

Minta maaf, tapi jangan menyalahkan diri sendiri

Ada perbedaan besar antara mengambil tanggung jawab dan menyalahkan diri sendiri. Akui kesalahanmu tetapi jangan mencaci diri sendiri karena hal itu, terutama di depan umum. Jika kamu terus memperhatikan kesalahanmu, itulah yang akan melekat di benak orang. Kamu ingin atasan fokus pada tindakanmu setelah kamu melakukan kesalahan, bukan pada fakta bahwa itu terjadi sejak awal.**(RW)

Leave a Reply