Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yoga Bantu Hilangkan Kecemasan dan Stres Selama Pandemi Covid-19

Topcareer.id – Pandemi COVID-19 telah menyebabkan peningkatan tingkat isolasi dan pengangguran, yang berdampak signifikan pada psikologis.

Banyak pakar kesehatan prihatin dengan efek potensial ini, karena dunia mengalami pandemi virus corona ini dan melibatkan perasaan stres serta kecemasan yang luar biasa bagi banyak orang di berbagai negara.

Kamu harus mengambil tindakan proaktif. Salah satu pilihannya adalah mengendalikan kesehatan mental dan fisik melalui seni yoga dan meditasi.

Baca Juga: Mau Ngilangin Stres? Ikuti Workshop Yoga Hatha di Skills.id

Dampak psikologis dari pandemi
Meskipun ada sejarah panjang tentang penyakit menular, hal itu tidak membuat stres menjadi berkurang. Seperti yang dinyatakan oleh Psychology Today, ada tiga alasan utama mengapa kepanikan akan penyebaran virus menular sangat memengaruhi jiwa.

  • Tak terlihat
  • Mudah ditularkan dari orang ke orang
  • Bisa jadi segera menulari dirimu

Tidak terkecuali COVID-19 dan efeknya dirasakan di seluruh dunia. Toko yang kosong, isolasi sosial, masalah kesehatan, kehilangan pekerjaan, dan variabel lain, kecemasan akibat pandemi virus corona terus meningkat, tetapi kamu bisa membantu dirimu untuk mengintervensi hal ini.

Mengapa baik berlatih yoga selama pandemi COVID-19?

Karena pembatasan jarak sosial adalah cara terbaik untuk mengurangi penyebaran COVID-19, orang-orang di seluruh negeri (dan dunia) banyak yang tetap tinggal di dalam rumah.

Baca Juga: Ragam Manfaat Yoga yang Perlu Kamu Tahu

Latihan yoga telah terbukti membantu mengurangi perasaan cemas. Yoga adalah solusi yang baik, karena teknik pengurangan stres dari yoga telah banyak membuktikan hal berikut:

  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Menginspirasi diet yang lebih sehat
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi tingkat stres
  • Mengurangi motivasi untuk minum minuman beralkohol dan merokok
  • Meningkatkan GABA kimiawi otak yang menghasilkan efek menenangkan
  • Mengurangi kortisol “hormon stres”

Bagian terbaiknya adalah, ada banyak gaya yoga, mulai dari pilihan aktivitas tinggi hingga pilihan relaksasi. Terlepas dari tingkat pengalamanmu, kamu bisa mulai yoga kapan saja.

Jika kamu belum pernah mencoba yoga sebelumnya, tidak ada waktu yang lebih baik daripada saat ini. Dengan mempelajari hal-hal baru tentang praktik kuno ini, Kamu akan mendapat manfaat yang sehat.

Bagi kamu yang berpengalaman, mengapa tidak meluangkan waktu ini untuk mengajari teman dan keluarga kamu! Banyak layanan video conference yang bisa kamu gunakan sehingga memungkinkan kamu terhubung dengan rumah masing-masing peserta.

Selain yoga, kamu juga bisa memfokuskan perhatian pada:

  • Meditasi
    Meditasi teratur bisa menenangkan dan dapat dilakukan kapan saja, di mana saja. Headspace adalah salah satu aplikasi terkemuka yang tersedia untuk membantu melakukan meditasi, karena dirancang berdasarkan penelitian yang divalidasi secara klinis.
  • Pernapasan dalam yang terkontrol
    Latihan pernapasan dalam adalah sesuatu yang bisa kamu mulai terapkan ke dalam rutinitas harian kamu. Penelitian menunjukkan bahwa pernapasan perut selama 20 sampai 30 menit setiap hari dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres.

Ingat, adalah hal yang wajar untuk merasakan stres dan kecemasan pada tingkat tertentu selama masa krisis akibat pandemi ini. Namun, terlalu banyak kecemasan dapat mulai menyebabkan kerusakan dan berdampak pada kesehatan emosional serta fisik kamu.

Tetap terhubung dengan teman dan keluarga, bantu orang lain jika bisa, kurangi waktu yang kamu habiskan di media sosial, dan praktikkan perawatan diri untuk kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply