Topcareer.id – Tagar atau hashtag adalah alat yang paling berguna untuk membangun jaringan di media sosial, juga dalam mencari dan membagikan lowongan kerja. Jadi, bagaimana cara terbaik menggunakan hashtag (tagar) dalam mencari kerja?
Jika kamu menggunakan hashtag dengan cara yang kreatif dan bijaksana, kamu dapat meningkatkan pencarian pekerjaan dan mengesankan manajer perekrutan. Berikut tips menggunakan hashtag untuk mencari pekerjaan, seperti dikutip dari laman The Balance Career.
Pelajari tentang perusahaan
Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan, kamu dapat menggunakan hashtag untuk mendapatkan informasi orang dalam. Banyak perusahaan memiliki hashtag yang digunakan karyawan untuk berbagi cerita tentang kehidupan di perusahaan.
Temukan pekerjaan yang tersedia
Banyak perusahaan menggunakan LinkedIn, Twitter, Facebook, dan bahkan Instagram untuk memposting pekerjaan. Seringkali, mereka akan menyertakan berbagai hashtag yang terkait dengan posisi atau pencarian pekerjaan di posting ini. Cari di situs media sosial untuk hashtag tertentu yang terkait dengan daftar pekerjaan (termasuk #jobs, #loker , dan #lowongankerja).
Untuk lebih spesifik, kamu dapat mencari judul pekerjaan yang tepat (#lokerdesain #lokeradmin) dan lokasi (#lokerjakarta #jakarta).
Promosikan pencarian kerjamu
Bantu perekrut menemukanmu di media sosial dan halaman LinkedIn dengan menggunakan hashtag yang mempromosikan pencarian pekerjaan. Misalnya, jika kamu memposting sesuatu yang terkait dengan pencarian pekerjaan (seperti pesan tentang pengalaman kerja, atau link ke resume), kamu dapat menyertakan hashtag yang relevan, seperti #jobhunt, #employment, atau #resume, #readytowork.