Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tanda-Tanda Kamu Kekurangan Vitamin D

Topcareer.id –  Jangan sampai lupakan asupan vitamin untuk tubuhmu. Vitamin D adalah vitamin yang sangat penting yang memiliki efek kuat pada beberapa sistem di seluruh tubuh. Tidak seperti vitamin lainnya, vitamin D berfungsi seperti hormon, dan setiap sel di tubuh memiliki reseptor untuknya.

Dikutip dari Healthline, asupan harian yang direkomendasikan (RDI) biasanya sekitar 400-800 IU, tetapi banyak ahli mengatakan kamu harus mendapatkan lebih dari itu. Kekurangan vitamin D sangat umum terjadi. Diperkirakan sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki kadar vitamin yang rendah dalam darah mereka. Berikut tanda-tanda kamu kekurangan vitamin D dalam tubuh.

1. Sering sakit atau terinfeksi

Salah satu peran vitamin D yang paling penting adalah menjaga sistem kekebalan tetap kuat sehingga dirimu dapat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jika kamu sering jatuh sakit, terutama karena masuk angin atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya.

Baca Juga: Bisakah Vitamin D Turunkan Risiko Terinfeksi Covid-19?

Beberapa penelitian observasional besar telah menunjukkan hubungan antara defisiensi dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis hingga 4.000 IU setiap hari dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan.

2. Kelelahan

Rasa lelah bisa disebabkan oleh banyak hal, dan kekurangan vitamin D mungkin salah satunya. Studi kasus menunjukkan bahwa kadar darah yang sangat rendah dapat menyebabkan kelelahan yang memiliki efek negatif yang parah pada kualitas hidup. Sebuah studi observasional besar melihat hubungan antara vitamin D dan kelelahan pada wanita muda.

Studi observasi lain pada perawat wanita menemukan hubungan yang kuat antara kadar vitamin D yang rendah dan kelelahan yang dilaporkan.

3. Nyeri tulang dan punggung

Vitamin D membantu menjaga kesehatan tulang dengan berbagai cara. Pertama, ini meningkatkan penyerapan kalsium tubuh. Nyeri tulang dan nyeri punggung bawah mungkin merupakan tanda kadar vitamin D yang tidak mencukupi dalam darah.

Satu studi meneliti hubungan antara kadar vitamin D dan nyeri punggung pada lebih dari 9.000 wanita yang lebih tua. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang kekurangan lebih cenderung mengalami sakit punggung, termasuk sakit punggung parah yang membatasi aktivitas sehari-hari.

4. Depresi

Suasana hati yang tertekan juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D. Dalam studi ulasan, para peneliti telah menghubungkan kekurangan vitamin D dengan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Beberapa penelitian terkontrol telah menunjukkan bahwa memberikan vitamin D kepada orang yang kekurangan membantu memperbaiki depresi, termasuk depresi musiman yang terjadi selama bulan-bulan yang lebih dingin.

5. Nyeri Otot

Ada beberapa bukti bahwa kekurangan vitamin D dapat menjadi penyebab potensial nyeri otot pada anak-anak dan orang dewasa. Dalam sebuah penelitian, 71% orang dengan nyeri kronis ditemukan mengalami defisiensi vitamin D. Reseptor vitamin D ada di sel saraf yang disebut nosiseptor, yang merasakan nyeri.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi dapat mengurangi berbagai jenis rasa sakit pada orang yang kekurangan.**(RW)

Leave a Reply