Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

6 Fakta Unik tentang Otot yang Kamu Mungkin Belum Tahu

Ilustrasi. (dok. Justblog)

Topcareer.id – Otot salah satu organ tubuh yang penting. Tanpa otot, manusia tak akan mampu menelan, bernafas, bergerak atau melakukan kegiatan apapun.

Otot mengandung filamen protein yang terdiri dari actin dan myosin yang berfungsi memproduksi tekanan dan gerakan bagi tubuh.

Komponen tubuh ini memainkan perang yang begitu penting terhadap kehidupan setiap orang. Namun tak banyak yang tahu, bahwa otot juga memiliki sisi menarik lain, seperti dilaporkan HuffPost:

1.Ada lebih dari satu otot terkuat dalam tubuh
Mungkin banyak dari kamu yang pernah mendengar bahwa otot paling kuat dalam tubuh adalah lidah. Walau kuat, fleksibel dan lentur, ada otot lain yang juga memiliki performa serupa.

Baca juga: Selain Jaga Imunitas, Vitamin D Bikin Otot Kuat

Beberapa di antaranya, otot betis yang mempunyai dorongan paling kencang, otot rahang dengan tekanan paling kuat, serta gluteus maximus yang merupakan otot paling besar dalam tubuh.

2. Saat tidur, otot berkembang
Setelah giat berolahraga atau menjalani aktivitas kebugaran tubuh, sesungguhnya pertumbuhan otot terjadi saat sesorang terlelap tidur, Pasalnya, otot berada dalam keadaan rileks sehingga aliran darah ke otot juga meningkat.Jadi, bagi yang gemar menjaga kebugaran tubuh, pastikan agar mendapatkan istirahat yang cukup.

3. Otot menciptakan 85 persen dari kehangatan suhu tubuh
Saat berkontraksi, otot mengeluarkan rasa hangat bagi tubuh. Terutama saat terkena udara dingin, reseptor kulit mengirimkan sinyal penanda dingin, sehingga memicu kinerja otak untuk membuat otot berkontraksi dan menghangatkan tubuh.

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply