Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Perusahaan Manufaktur AS Akuisisi Softex Indonesia dengan Nilai USD 1,2 Miliar

Topcareer.id – Perusahaan industri manufaktur asal Amerika Serikat, Kimberly-Clark Corporation mengumumkan pada Kamis (3/9/2020) bahwa mereka telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi Softex Indonesia, pemimpin dalam pasar perawatan pribadi Indonesia yang berkembang pesat.

Akuisisi itu mencapai transaksi tunai sekitar USD 1,2 miliar dari sekelompok pemegang saham, termasuk CVC Capital Partners Asia Pacific IV.

“Akuisisi ini mewakili kecocokan strategis yang menarik dan menunjukkan komitmen kami untuk mempercepat pertumbuhan di pasar berkembang,” kata Mike Hsu, Ketua dan CEO, Kimberly-Clark dalam siaran persnya.

“Selain itu, menambahkan Softex Indonesia dan brand itu ke Kimberly-Clark akan meningkatkan prospek pertumbuhan perusahaan kami dan membantu kami menciptakan nilai pemegang saham jangka panjang yang lebih banyak lagi.”

Ia mengatakan, Indonesia adalah pasar yang besar dan berkembang dengan prospek masa depan yang menarik, dan akuisisi tersebut segera meningkatkan posisi Kimberly-Clark yang saat ini terbatas di negara tersebut, menjadi salah satu dengan pangsa pasar yang kuat dalam kategori perawatan pribadi utama, di perekonomian terbesar Asia Tenggara.

Baca juga: Erick Tohir Pastikan Profesi Ini yang Pertama Menjajal Vaksin Covid-19

Pasar popok di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai USD 1,6 miliar, terbesar keenam di dunia, dengan sekitar lima juta kelahiran per tahun. Sekitar 80 persen penjualan Softex Indonesia berasal dari popok, dan saat ini menduduki posisi pangsa pasar nomor dua dengan merek Sweety® dan Happy Nappy® sambil terus mengembangkan keberadaannya di pasar.

Penjualan Softex Indonesia yang tersisa sebagian besar untuk kategori feminine care dan adult care. Dalam perawatan feminin, perusahaan memegang posisi pangsa pasar nomor tiga dengan merek Softex®. Dalam perawatan orang dewasa, ia memegang posisi pangsa pasar nomor dua dengan merek Confidence®.

“Softex Indonesia memiliki bisnis yang kuat, tumbuh, dan menguntungkan dengan portofolio merek yang disukai konsumen Indonesia,” kata Aaron Powell, Presiden bisnis konsumen Asia-Pasifik Kimberly-Clark.

“Akuisisi ini memberikan kesempatan bagi Kimberly-Clark untuk mempercepat pertumbuhan kami di Asia Tenggara, dan kami berharap dapat menggabungkan kekuatan kami dalam inovasi dan membangun merek untuk memperluas kesuksesan Softex Indonesia yang berkelanjutan.”

Baca juga: Thailand Laporkan Nol Kasus Covid-19 selama 100 Hari Berturut-Turut

Sejak 1976, Softex Indonesia telah membangun bisnis perawatan pribadi yang sukses dengan posisi pasar yang kuat dan secara konsisten menghasilkan pertumbuhan dua digit.

Perusahaan ini memiliki kemampuan manufaktur yang sangat baik dan jaringan distribusi masuk ke pasar yang kuat. Softex Indonesia menghasilkan penjualan bersih sekitar USD 420 juta pada 2019.**(Feb)

Leave a Reply