Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bukan Akal-akalan Produsen, Ini Alasan Kenapa Kantong Snack Sebagian Besar Isinya Udara

Topcareer.id – Pernahkah kamu bertanya-tanya saat membeli snack kantongnya saja yang besar, tetapi isinya hanya sedikit dan lebih banyak udaranya?

Bagi kamu yang perhitungan dengan harga mungkin akan merasa rugi jika membeli yang berukuran besar, karena semakin besar ukurannya maka akan semakin besar pula ruang kosong pada snacknya.

Nah ternyata yang membuat kemasan snack mengembang seperti balon dan menyisakan banyak ruang kosong di dalamnya itu adalah nitrogen.

Baca Juga: Haruskah Mencuci Kemasan Makanan Setelah Pulang Belanja?

Ya, nitrogen. Kantong snack yang kamu beli tidak penuh dengan udara, melainkan gas nitrogen. Ini dilakukan untuk mencegah makanan di dalamnya teroksidasi, yang merupakan bagian dari apa yang membuatnya basi.

Oksigen itu sangat reaktif, dan suka bergabung dengan molekul lain kapan pun memungkinkan, ini menyebabkan terjadinya perubahan kimiawi.

Nitrogen, bagaimanapun, sangatlah stabil dan tidak reaktif. Maka dari itu nitrogen bagus untuk menyimpan makanan yang mudah teroksidasi dengan cepat, seperti keripik kentang, daging asap, dan produk makanan kemasan lain.

Meskipun banyak orang mengira udara sama dengan oksigen, sekitar 78 persen udara yang kamu hirup sebenarnya adalah gas nitrogen. Nitrogen ada dimana-mana di sekitar kita.

Ambil contoh keripik kentang, ini adalah camilan yang rapuh. Produsen perlu meminimalkan keripik agar tidak saling bertabrakan untuk mengurangi kerusakan.

Solusinya adalah memberi kemasan banyak ruang di dalamnya, lalu mengisinya dengan gas nitrogen untuk menghentikan oksidasi minyak. Dengan cara ini, hancur dan pecahnya keripik di dalamnya bisa seminimal mungkin terjadinya, dan selain itu nitrogen juga mencegah keripik di dalamnya menjadi melempem.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply