Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Ampuh Pulihkan Semangat saat Terjebak Masa Sulit

Ilustrasi: Cruise Port Navigation

Topcareer.id – Meski berat, masa-masa sulit adalah bagian hidup yang tidak bisa terpisahkan. Jadi, ketika kamu merasa lelah dan tak berdaya, cobalah ingat bahwa hal ini juga terjadi pada semua orang.

Keadaan sulit memiliki bentuk yang bermacam-macam. Mulai dari kondisi keuangan yang buruk, situasi hubungan yang rumit, kesepian, masalah kesehatan, kekalahan, hingga sebuah kegagalan. Semua permasalahan itu mampu menghabiskan energi kamu, lho.

Tetapi, bagaimanapun juga, Ini bersifat sementara. Jadi salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk melaluinya, adalah memulihkan semangat kamu untuk kembali mencoba jalan keluar.

Nah, bagaimana caranya? Berikut 4 tips dari Lifehack yang bisa kamu coba.

Terhubung dengan sisi kecilmu
Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat berusaha keluar dari lubang masalah adalah dengan memaafkan diri sendiri dan berbelas kasih. Jika kamu terus-terusan memikirkan kesalahan dan terus menyalahkan diri sendiri, hampir tidak mungkin bagi kamu untuk menemukan lebih banyak semangat di dalam diri kamu.

Salah satu trik yang ampuh untuk mengakses energi atau semangat ini adalah dengan mencoba menggali lagi sisi anak-anak dari diri kamu. Coba pikirkan, jika diri kamu yang berusia 8 tahun berada dalam situasi ini, apa yang akan kamu katakan padanya?

Cobalah untuk melihat masalah yang kamu hadapi dari sudut pandang sebagai anak kecil. Setelah itu, coba kamu pikirkan, bagaimana cara kamu untuk menghibur versi kecil kamu?

Ketika kamu mencoba untuk melihat sesuatu melalui perspektif ini, secara otomatis kamu akan merasa berempati dan penuh kasih. Jadi, setiap kali kamu mendeteksi emosi atau pikiran negatif, coba ambil sudut pandang baru dari versi kecil kamu.

Kamu akan takjub melihat betapa berbedanya tanggapan otomatis kamu dalam menangani situasi tersebut.

Baca juga: Semangat Bekerja Berkurang? Bersih-bersih adalah Jawabannya

Merubah penampilan
Saat menghadapi masa-masa sulit ini, apakah kamu tetap menyempatkan diri untuk berolahraga? Ya, olahraga merupakan senjata alami untuk melawan depresi, stres, sekaligus menerima banyak manfaat kesehatan.

Keadaan emosi, kualitas hidup, dan tingkat kinerja kamu tidak dapat dipisahkan dari keadaan fisik kamu. Jadi saat kamu mengalami masa sulit, inilah saatnya untuk memulihkan energi kamu dengan mengubah penampilanmu menjadi lebih baik.

Ingat! Kamu tidak harus menjadi orang yang paling tangguh dalam berolahraga. Cukup menambahkan lebih banyak gerakan dalam rutinitas, dan kamu akan baik-baik saja.

Lihat sekitarmu
Ingatlah beberapa tokoh yang kamu hormati atau sukai, entah itu teman, kerabat, atau bahkan bintang film favoritmu. Ingatlah bahwa mereka juga sama seperti kamu, dan pernah mengalami saat-saat buruk dalam hidupnya.

Cobalah luangkan waktu untuk menggali cerita perjuangan mereka. Mulailah membayangkan jika kamu ada di posisi mereka. Lalu, lihat bagaimana mereka dapat memulihkan semangat mereka, bangkit dari keterpurukan, dan mulai bangkit kembali.

Selain itu, cobalah bayangkan juga mengenai apa yang akan mereka katakan jika mereka ada di samping kamu saat ini. Nasihat positif apa yang sekiranya akan diberikan mereka kepadamu, dan pikirkan bagaimana hal itu akan memengaruhi kamu.

Ingat, mereka juga manusia, seperti diri kamu. Jika mereka bisa, maka kamu juga bisa!

Baca juga: Musik Sedih Justru Tingkatkan Semangat, Ini Alasannya

Pikirkan masa depan
Terakhir, mulailah buat gambaran ideal tentang kehidupan masa depan kamu. Langkah ini bisa menghubungkanmu ke kondisi mental yang jauh lebih positif.

Ketika kondisi mentalmu sudah berada dalam tahap positif, masalah-masalahmu pun perlahan akan mulai tampak kecil. Selain itu, energimu juga akan terasa lebih kuat, dan membuatmu merasa mampu melakukan sesuatu.

Lakukanlah hal ini minimal 5 menit dalam setiap hari kamu. Adopsi visualisasi dan koneksi yang kuat, positif, serta energik untuk membantumu mengalahkan masalah yang membelenggumu.

Jangan menyerah ya!**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply