Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Marah? Lakukan Ini Agar Tak Sakiti diri Sendiri dan Orang Lain

Ilustrasi. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Akan ada hari di mana kemarahan muncul dari diri kita. Terkadang, jika tak mampu menyikapinya, rasa marah itu akan membuat kita lepas kontrol, hingga akhirnya melakukan sesuatu yang cenderung menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Misalnya melalui kata-kata buruk yang terlontar dengan keras, dan tak mampu kita kembalikan lagi.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya untuk mulai belajar mengendalikan dan mengeluarkannya, dengan cara yang sebaik mungkin, tanpa menyakiti siapapun. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Studi: Orang Marah Memproduksi Ide Lebih Kreatif dan Cepat

1.Hadapi
Salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah berhenti menyangkal, dan mulai menghadapi kemarahan itu. Segera sadari sebelum amarahmu tumbuh semakin besar, dan terimalah kenyataan jika saat ini emosimu sedang tidak baik-baik saja.

2. Melangkah keluar
Begitu kamu menerima keadaan bahwa kamu sedang marah, maka kamu bisa mengambil langkah berikutnya, yaitu melangkah keluar. Berikan waktu pada dirimu untuk menyendiri dan beristirahat sejenak, serta menganalisa dari mana kemarahan itu berasal.

3. Analisa
Mulailah pikirkan apa yang membuatmu marah, lalu pertimbangkan beberapa hal yang bisa membuat situasi tersebut menjadi lancar, dan pada akhirnya meredakan amarahmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih bijak dalam menentukan keputusan. Jangan lupa juga untuk selalu menanaman nilai-nilai yang kamu miliki, dalam mempertimbangkan solusi.

4. Move on
Setelah solusi ditemukan, cobalah untuk move-on dan melanjutkan hidup. Jangan biarkan energi kamu terkuras untuk kembali mempermasalahkan hal-hal yang sudah selesai. Percayalah, akan ada tantangan baru yang datang, dan kamu perlu energi baru untuk menghadapinya.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply