Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Beli Mobil Bekas? Lakukan 3 Hal Ini untuk Pastikan Ban Aman

Dok/TheAustralian

Topcareer.id – Apakah kamu berniat beli mobil bekas? Jika iya, jangan remehkan pengecekan ban, ya! Ini penting karena ban merupakan satu-satunya komponen yang bersinggungan langsung dengan aspal.

Kalau kamu malas memeriksa, dan tak mau mengganti ban yang sudah tidak layak pakai, akibatnya bisa buruk lho.

Ban cenderung bekerja keras dalam perjalanan, jadi jika kondisinya tidak layak, ini bisa membahayakan kamu sebagai penumpang.

Untuk mengeceknya, ada tiga aspek yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya seperti yang dikemukakan oleh President Director Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin.

Orisinalitas
Perhatikan orisinalitas keempat bannya, termasuk ban cadangan. Pahami spesifikasi tiap ban dan pastikan riwayat penggantian ban sebelumnya. Jika kamu menemukan ada satu ban yang sudah pernah diganti, pastikan ukurannya sesuai, dan sama dengan ban-ban lainnya.

“Pada umumnya, keempat ban sangat dianjurkan tidak memiliki spesifikasi yang berbeda, apabila ingin diganti maka harus diganti secara bersamaan. Namun demikian, masih memungkinkan apabila hanya dua ban yang diganti, asalkan ban yang baru harus dipasang di roda belakang,” ujar Shin dalam keterangan tertulis, Kamis (10/9/2020).

“Jika hanya satu ban yang diganti, maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan kiri/kanan yang berdampak pada kualitas traksi yang kurang kuat sehingga berdampak pada kinerja kendaraan.”

Baca juga: Mustang Mach-E, Mobil Listrik Balap Ford dengan 1400 Tenaga Kuda

Perhatikan ambang batas keausan tapak ban
Pastikan keausan tapak ban masih berada di ambang batas minimal yang bertanda TWI (Tread Wear Indicator), yaitu setebal 1.6 mm dari permukaan dasar tapak ban. Coba lihat tingkat keausan, dan bandingkan kilometer atau odometer yang telah ditempuh.

Tekanan angin
Memastikan tekanan angin adalah salah satu cara untuk mengetahui kelayakan dari kendaraan bekas yang dibeli. Kamu bisa memastikan ini dari sisi dalam pintu mobil, atau di manual mobil. Lakukan setidaknya sebilan sekali ya.

Jika kamu mengalami kesulitan, tak perlu khawatir. Hankook Tire menyediakan konsultasi profesional untuk mengatasi berbagai masalah ban.

Selain itu, layanan pre-sales dan after-sale Hankook Masters juga dapat digunakan untuk melakukan rotasi ban, spooring dan balancing, serta perawatan penting lainnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply