Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Coba 5 Cara Sederhana Ini Untuk Hentikan Kecanduan Smartphone

Topcareer.id – Di era digital ini, banyak orang yang kecanduan smartphone. Meskipun internet dan smartphone bagus untuk banyak hal, tetapi juga bisa melelahkan. Dengan rata-rata orang memeriksa ponsel mereka 47 kali per hari, ini menghasilkan lebih dari 3 jam per hari dihabiskan di ponsel

Bahkan orang mengangkat ponsel mereka 2.617 kali per hari. Selain itu, waktu yang kamu habiskan di ponsel membuatmu rugi. Misalnya, terlalu sering menggunakan ponsel dapat merusak perpindahan karier atau hubungan keluarga di masa depan. Berikutt beberapa hal yang membantu menghentikan kecanduan ponsel, dikutip dari The Ladders.

Baca Juga: Survei: Kehilangan Smartphone Tingkat Stresnya Sama dengan Alami Serangan Teroris

1. Matikan notifikasi

Ini adalah salah satu hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghentikan kecanduan ponsel. Dengan menonaktifkan semua notifikasi aplikasi, kamu mengontrol seberapa banyak kamu melihat ponsel. “Ping sepanjang hari mengganggu saya, dan saya senang mengetahui bahwa saya dapat memutuskan kapan saya memeriksa ponsel saya,” kata Marjolein Smit, penulis karier.

2. Hapus aplikasi yang paling mengganggu

Aplikasi mana di ponselmu yang paling mengganggu? Kamu mungkin tahu beberapa aplikasi yang paling sering diperiksa. Jika kamu merasa sulit untuk berpisah dengan aplikasi media sosial, kamu dapat memasukkannya ke dalam folder.

“Saya telah memasukkan semua aplikasi saya ke dalam folder, dengan aplikasi yang paling mengganggu ada di halaman kedua folder saya. Ini meningkatkan pembukaan aplikasi dengan dua ketukan, yang mungkin hanya itu yang saya butuhkan untuk menghentikan kebiasaan buruk saya pada beberapa hari.”

3. Tetapkan batas waktu aplikasi

Di smartphone saat ini kamu bisa memeriksa waktu screening. Lebih khusus lagi, kamu dapat melihat berapa banyak waktu yang kamu habiskan di ponsel dan aplikasi apa yang paling sering kamu periksa. Jika menggunakan iOS, buka Pengaturan> Durasi layar untuk melihat laporan. Jika menggunakan Android, coba fungsi Digital Wellbeing.

Analisis seberapa banyak kamu menggunakan aplikasi di ponsel dan tetapkan batas hariannya. Ketika kamu mencapai batas, ponsel akan memberi pemberitahuan.

4. Tinggalkan ponsel di dalam tas

Jika ponsel tidak ada di depanmu, akan lebih mudah untuk menjauh darinya. “Ketika saya tiba di tempat kerja, saya meninggalkan ponsel di tas saya dan melupakannya selama setengah hari. Saat aku pulang, aku juga meninggalkan ponselku di tas,” tutur Smit.

Ini adalah cara mudah untuk mengurangi penggunaan ponsel. Jika sesuatu yang mendesak terjadi, kamu masih akan mendengar teleponmu berdering.

5. Setel ponsel ke grayscale

Buat untuk melihat smartphonemu menjadi kurang menarik dengan mengaturnya ke skala abu-abu. Ini mengurangi warna dan masukan yang kamu dapatkan sepanjang hari.**(RW)

Leave a Reply