Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Unik, Jepang Ciptakan Toilet Umum Transparan

Dok/CNN

Topcareer.id – Bagi kebanyakan orang, kehadiran toilet umum merupakan hal penting, terutama ketika mereka berada jauh dari rumah. Tetapi, kamu mungkin akan terkejut ketika menemukan toilet yang baru saja dibuka di taman Tokyo.

Toilet ini terbuat dari kaca khusus yang bisa menjadi buram dan tidak bisa dilihat dari bagian luar saat pintu toilet dikunci. Namun demikian, jika dilihat dari dalam, penggunanya bisa benar-benar melihat tembus pandang ke luar.

Toilet yang dilengkapi dengan wastafel, urinal, dan kloset ini dirancang oleh arsitek Shigeru Ban sebagai bagian dari Proyek Toilet Tokyo, yang didukung oleh The Nippon Foundation.

Dengan memasang toilet bergaya di ruang publik, proyek ini berharap dapat mengubah pandangan umum bahwa fasilitas toilet umum adalah tempat yang gelap dan kotor.

“Akan sangat menyenangkan melihat Tokyo Toilets menjadi model toilet tidak hanya di Jepang tetapi juga di seluruh dunia,” kata Direktur Program Nippon Foundation Hayato Hanaoka.

Baca juga: Indonesia Jajaki Peluang Kerja Sama Vaksin dengan Perusahaan dan Universitas di Jepang

Orang yang lewat memiliki reaksi beragam. Beberapa orang mengatakan bahwa melihat ke dalam toilet terlebih dahulu membuat mereka merasa lebih aman dalam menggunakannya.

“Benar-benar keren, tapi tidak terlalu santai,” kata Arisa Komori, 28 tahun, yang mengunjungi taman bersama temannya dan menggunakan toilet.

“Kamu dapat melihat langsung bahwa tidak ada orang mencurigakan yang bersembunyi di toilet, jadi saya menghargai bahwa saya merasa lebih aman membiarkan anak-anak saya menggunakan toilet,” kata Chieri Kurokawa, 36 tahun, yang tinggal di sekitar taman dan sedang membawa dua putranya yang masih kecil bermain di taman.

Sebagai bagian dari proyek, total 17 toilet umum akan didesain ulang oleh arsitek dan desainer ternama, termasuk pemenang Pritzker Prize Tadao Ando dan Kengo Kuma.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply