Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Alibaba Berniat Investasi USD 3 Miliar Dolar ke Grab

Kantor Grab di Singapura. (dok. Straits Times)

Topcareer.id – Alibaba Group Holding sedang dalam pembicaraan untuk menginvestasikan USD 3 miliar ke raksasa ride-hailing Asia Tenggara, Grab Holdings.

Raksasa e-commerce China itu, investor tunggal pada putaran tersebut, akan menghabiskan sebagian dari dana untuk mengakuisisi sebagian saham Grab yang dipegang oleh Uber Technologies.

Mengutip dari Bloomberg, kesepakatan itu mungkin merupakan salah satu taruhan terbesar Alibaba di Asia Tenggara sejak investasi pertamanya di Lazada pada 2016.

Perusahaan terbesar di China itu sebelumnya memiliki pengalaman terbatas dalam pemesanan kendaraan, tetapi potensi kerja sama dengan Grab memberinya akses ke data jutaan pengguna di delapan negara, armada pengiriman yang berkembang, serta saham dalam dompet digital dan layanan keuangan.

Baca juga: Program Sertifikat Google Jadi Solusi Efektif Pencari Kerja

Pendanaan itu, sekitar seperlima dari valuasi terakhir Grab yang diketahui sebesar USD 14 miliar, datang di tengah pertanyaan yang berkembang tentang kemampuan perusahaan untuk memenuhi label harga yang tinggi saat bergulat dengan dampak pandemi virus corona.

Chief Executive Officer Anthony Tan mengatakan bahwa perusahaan sedang menghadapi krisis terbesar. Investor yang ada juga dibuat frustrasi dengan persaingan yang merusak nilai bersama saingan regional Grab, Gojek.

Grab, yang diperkirakan memiliki valuasi USD 14 miliar dan menganggap SoftBank Group Corp sebagai salah satu pendukungnya, berekspansi ke layanan keuangan, pengiriman makanan, dan pembayaran seluler selama beberapa tahun terakhir, bahkan sebelum pandemi Covid-19 merusak bisnis ride-hailing andalannya.

Pada bulan Juni, Grab mengumumkan pengurangan 5 persen dalam jumlah staf karena memangkas biaya di tengah pertumbuhan yang lebih lambat.**(Feb)

Leave a Reply