Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Makanan yang Baik untuk Penderita Hipertensi

Topcareer.id – Hipertensi atau darah tinggi kedengarannya seperti penyakit umum diderita banyak orang. Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi. Tapi, ini jadi faktor risiko paling umum yang bisa dicegah untuk penyakit jantung.

Diet sehat atau konsumsi makanan bergizi disarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi, termasuk mereka yang menggunakan obat penurun tekanan darah. Berikut beberapa makanan terbaik untuk penderita hipertensi, dikutip dari laman Healthline.

1. Buah jeruk

Buah jeruk, termasuk juga lemon, mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Minum 2 Gelas Jus Jeruk Sehari Bantu Turunkan Hipertensi

Sebuah studi selama 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari dikombinasikan dengan berjalan kaki secara signifikan berkorelasi dengan penurunan SBP (tekanan darah sistolik), sebuah efek yang dikaitkan para peneliti dengan asam sitrat dan kandungan flavonoid lemon.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Ikan berlemak adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyempit pembuluh darah yang disebut oxylipins. Penelitian telah mengaitkan asupan ikan berlemak kaya omega-3 yang lebih tinggi dengan penurunan tingkat tekanan darah.

3. Berries

Buah beri telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk potensinya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah beri adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk antosianin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah.

4. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meskipun wortel dapat dinikmati dimasak atau mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

5. Seledri

Seledri adalah sayuran populer yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. Ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Asupan seledri yang dimasak secara signifikan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.**(RW)

Leave a Reply