Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

10 Drone Terbesar di Dunia untuk Kebutuhan Sipil Hingga Militer (Bagian 2)

Topcareer.id – Teknologi yang kini semakin canggih telah melahirkan banyak pilihan alat bantu super modern bagi manusia, salah satunya adalah teknologi drone yang terus berkembang pesat.

Melihat sebuah drone kargo terbang di atas kepala pasti akan menjadi kejadian biasa di tahun-tahun mendatang.

Banyak perusahaan teknik kedirgantaraan dari berbagai negara sudah memamerkan prototipe drone mereka, serta mendemonstrasikan kemampuannya.

Baca Juga: Ini Fitur Drone Korlantas Polri untuk Tangani Wabah Corona

Drone yang biasanya hanya berukuran mini, sekarang telah banyak tersedia dalam model yang seukuran pesawat asli. Sebagian digunakan untuk keperluan sipil dan umum, lalu sebagian lagi digunakan untuk keperluan militer.

Berikut ini 10 model drone terbesar di dunia, masing-masing terbagi menjadi lima drone cargo, dan lima drone militer.

Bagian kedua dari artikel:

5 drone militer terbesar di dunia

6) Hermes 1500
Panjang: 9,5 Meter
Berat: 1,8 Ton
Lebar Sayap: 18 Meter

Hermes 1500 adalah drone pengintai jarak jauh terbaru dari pabrikan Israel Elbit. Ini digunakan untuk menemukan target militer di medan perang dan memantau potensi ancaman. Ada juga versi yang dibuat khusus untuk misi di atas air.

7) General Atomics Avenger
Panjang: 13,5 Meter
Berat: 27,2 Ton
Lebar Sayap: 23 Meter

The Avenger ini merupakan drone serang militer dengan kemampuan siluman. Saat ini digunakan di Timur Tengah; Namun, tidak jelas apakah US Air Force akan membeli lebih banyak pesawat untuk menggantikan drone dengan kemampuan serupa. Drone ini memiliki kecepatan tertinggi 782 Km/jam.

8) Northrop Grumman RQ-4 / MQ-4C
Panjang: 14,6 Meter
Berat: 15 Ton
Lebar Sayap: 40 Meter

RQ-4 telah digunakan oleh beberapa cabang militer AS sejak akhir 1990-an. MQ-4C adalah pengganti potensial, dengan spesifikasi serupa tetapi teknologi yang diperbarui. UAV ini juga digunakan oleh militer Jepang dan Korea Selatan serta pasukan penjaga perdamaian NATO. Ada varian dari drone militer ini untuk penggunaan maritim yang dapat mencapai kecepatan hingga 643 Km/jam dan dengan ketinggian jelajah sampai 15.000 Meter. Varian Global Hawk dari UAV ini adalah drone pertama yang melakukan penerbangan transpasifik.

9) Northrop Grumman RQ-180
Panjang: 40 Meter
Berat: 13,6 Ton
Lebar Sayap: 50 Meter

Drone ini adalah drone pengintai siluman yang dibuat untuk beroperasi di wilayah udara yang diperebutkan. Baru belakangan ini militer AS mengkonfirmasi keberadaan dan penempatannya di lapangan. Para pengamat berspekulasi bahwa drone tersebut adalah bagian dari sistem pesawat yang dirancang untuk meluncurkan serangan udara dalam waktu singkat. Drone itu diyakini disimpan di fasilitas Area 51 yang terkenal di New Mexico.

10) Divine Eagle
Panjang: 18 Meter
Berat: 22,6 Ton
Lebar Sayap: 50 Meter

Divine Eagle adalah drone pengintai jarak jauh yang sangat rahasia di China. Diyakini sebagai drone militer terbesar yang beroperasi di dunia. Ia memiliki konstruksi “double boom” yang unik, yang berarti ia memiliki dua badan pesawat serta ekor ganda. Dan drone ini bisa memiliki kecepatan mendekati kecepatan suara.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply