Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Saat Serangan Cemas Melanda, Ini Caranya Agar Tetap Fokus Kerja

Topcareer.id – Saat perasaan cemas datang, maka kamu akan sulit untuk fokus terhadap suatu pekerjaan. Ini sangat mengganggu memang. Tapi bagaimana jika kamu perlu mengerjakan sesuatu yang penting tapi cemas datang menghampiri?

Salah satu gejala kecemasan adalah berkurangnya memori kerja, yang membuatnya sulit berkonsentrasi pada tugas-tugas yang ada. Kecemasan menyebabkan hormon stres dilepaskan, yang berarti lebih banyak darah dikirim ke anggota tubuh daripada ke otak. Hormon stres ini membuat kewaspadaan tinggi. Keadaan ini membuat kita sulit untuk fokus pada tugas yang ada.

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan saat kecemasan berdampak negative pada konsentrasimu, seperti dalam laman The Ladders.

Baca Juga: Yoga Bantu Hilangkan Kecemasan dan Stres Selama Pandemi Covid-19

Buat gangguan ringan

Nyalakan radio atau suara menenangkan lainnya untuk mengalihkan pikiran dari pikiran cemasmu. “Saya menemukan bahwa Binaural Beats membantu meningkatkan fokus,” kata Marjolein Smit, penulis penasihat karier.

Tuliskan tugasmu

Ketika kamu memiliki seluruh daftar tugas di pikiranmu menuliskan semuanya dapat membantu. Pikiranmu mencoba memastikan kamu tidak akan melupakan hal-hal yang harus kamu lakukan. Bantulah sedikit dengan menuliskannya.

Membuat tugas yang lebih kecil

Saat kamu mencoba mencapai hal-hal besar, lebih mudah untuk merasa cemas dan mencari gangguan. Memecah tugas agar mudah diselesaikan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kecemasan. Kamu bisa tetap fokus saat mengerjakannya. Setelah selesai, lanjutkan ke tugas berikutnya.

Istirahat

Hal penting yang sering dilupakan banyak orang adalah istirahat. Saat kamu merasa cemas, dan kamu memaksakan diri untuk lebih berkonsentrasi, hal itu mungkin tidak berhasil. Sering kali, beristirahatlah yang dibutuhkan untuk merasa segar dan terus bekerja dengan konsentrasi. Dianjurkan untuk menghirup udara segar dan menggerakkan tubuh.

Mengurangi kafein

Banyak dari kita bergantung pada kafein. “Saya berhenti minum kafein sama sekali sekitar setahun yang lalu. Tidur saya meningkat, konsentrasi saya meningkat, dan kecemasan saya berkurang secara signifikan,” kata dia. Mengurangi kafein dapat meningkatkan konsentrasimu.

Berfokus pada napas

Saat kamu cemas, seluruh tubuh tegang dan napas menjadi lebih pendek. Jika kamu berada di ambang serangan kecemasan, bernapas menjadi lebih penting. Tarik dan embuskan napas lebih dalam dan perlambat napas. Ambil empat detik untuk menarik napas, tahan selama empat detik, dan keluarkan selama empat detik.

Segarkan kembali

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa mengutarakan kembali kecemasanmu sebagai kegembiraan adalah hal yang efektif. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu bersemangat, bukan gugup. “Mengatakan bahwa dirimu bersemangat adalah tips besar yang telah membantu saya selama bertahun-tahun.”**(RW)

Leave a Reply