Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada, Ini Tiga Tanda Kamu Kelebihan Asupan Air (Overhidrasi)

Topcareer.id – Setiap orang perlu minum air putih yang cukup demi menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit di masa depan. Tetapi, pastikan itu cukup, bukan berlebihan. Jika berlebihan, kamu mungkin akan menderita overhidrasi.

Kelebihan cairan tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan mencairkan zat penting tubuh, seperti natrium. Itu juga bisa menyebabkan mual, sakit kepala, bahkan kebingungan.

Ironisnya, Mayo Clinic menemukan bahwa atlet paling rentan meminum terlalu banyak air karena asupan air yang berlebihan selama latihan intensif atau acara ketahanan. Berikut adalah tanda-tanda teratas bahwa kamu minum terlalu banyak air di siang hari.

1. Urinmu jernih

Memang benar bahwa warna kuning tua adalah tanda dehidrasi, urin yang jernih adalah tanda bahwa kamu minum terlalu banyak air. Sebaliknya, kencing kamu seharusnya berwarna kuning pucat.

Baca Juga: Sebaiknya Jangan Minum Air Sambil Berdiri, Ini Alasannya

“Pada orang sehat, urine merupakan indikator yang baik untuk status hidrasi dirimu. Urine kuning pucat yang terlihat seperti limun adalah yang bagus. Urine yang lebih gelap berarti kamu membutuhkan lebih banyak air. Urine tidak berwarna berarti kamu terlalu banyak terhidrasi,” tulis Healthline.

2. Sering buang air kecil

Menurut WebMD, kebanyakan orang buang air kecil enam sampai delapan kali sehari. Mereka yang minum banyak air bisa kencing sebanyak 10 kali sehari. Jika kamu buang air kecil lebih dari itu, kamu mungkin minum terlalu banyak air.

3. Ekstremitas (seperti kaki dan tangan) bengkak

Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan sel-sel tubuh (termasuk sel-sel otak) membengkak dan menahan cairan akibat pengurangan natrium dalam tubuh, suatu kondisi yang dikenal sebagai Hiponatremia.

“Gejala hiponatremia mungkin ringan pada awalnya, seperti rasa mual atau kembung. Gejalanya bisa menjadi parah, terutama saat kadar natrium tiba-tiba turun. Gejala yang serius meliputi: kelelahan, kelemahan, gaya berjalan tidak stabil, mudah tersinggung, kebingungan, dan kejang.”

Berapa banyak air yang harus diminum? “Ini pertanyaan sederhana tanpa jawaban yang mudah,” kata Mayo Clinic. Kebutuhan air akan sangat bervariasi tergantung pada individu.

National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menetapkan bahwa asupan harian 15,5 cangkir untuk laki-laki dan 11,5 cangkir untuk perempuan biasanya sudah cukup.

The Mayo Clinic mengatakan bahwa asupan air kamu sudah baik jika kamu jarang merasa haus dan urine berwarna kuning pucat. Ia juga merekomendasikan minum segelas air setiap kali makan dan di antara setiap makan, selama dan setelah berolahraga, dan jika kamu merasa lapar.**(RW)

Leave a Reply