Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

10 Drone Terbesar di Dunia untuk Kebutuhan Sipil Hingga Militer (Bagian 1)

Topcareer.id – Teknologi yang kini semakin canggih telah melahirkan banyak pilihan alat bantu super modern bagi manusia, salah satunya adalah teknologi drone yang terus berkembang pesat.

Melihat sebuah drone kargo terbang di atas kepala pasti akan menjadi kejadian biasa di tahun-tahun mendatang.

Banyak perusahaan teknik kedirgantaraan dari berbagai negara sudah memamerkan prototipe drone mereka, serta mendemonstrasikan kemampuannya.

Baca Juga: Walmart Bakal Gunakan Drone untuk Pengiriman Produk Kesehatan

Drone yang biasanya hanya berukuran mini, sekarang telah banyak tersedia dalam model yang seukuran pesawat asli. Sebagian digunakan untuk keperluan sipil dan umum, lalu sebagian lagi digunakan untuk keperluan militer.

Berikut ini 10 model drone terbesar di dunia, masing-masing terbagi menjadi lima drone cargo, dan lima drone militer.

Bagian pertama dari artikel:

5 drone kargo terbesar di dunia

1) Griff Aviation 350
Kapasitas kargo: 200 Kg
Berat drone: 350 Kg
Panjang: 2,65 Meter

Griff Aviation berspesialisasi dalam drone kargo. Drone kargo ini memiliki delapan bilah baling-baling dan area kargo yang dapat disesuaikan. Fitur utamanya adalah kemampuan untuk memodifikasi sasis oleh pengguna dan dapat dilipat serta kompak. Drone bertenaga listrik dapat terbang hingga 45 menit.

2) Boeing Experimental Cargo Drone
Kapasitas kargo: 100 – 200 Kg
Berat: 338 Kg
Panjang: 5 Meter

Untuk saat ini drone hanya bisa terbang beberapa meter dengan membawa beban sekitar 113 Kg. Namun, Boeing berharap drone tersebut nantinya setelah dikembangkan dapat mengangkut beban hingga 225 Kg untuk jarak beberapa ratus kilometer. Drone ini memiliki 6 rotor ganda dengan total 12 baling-baling.

3) AT200
Kapasitas kargo: 1,5 ton
Berat: 1,5 ton
Panjang: 11,5 Meter

Drone jarak jauh ini dibuat untuk beroperasi di daerah pedesaan yang luas di China. Ia mampu terbang lebih dari 2.000 km dengan muatan penuh selama beberapa jam. Hanya membutuhkan landasan pendek untuk lepas landas, dan dapat menangani pendaratan atau lepas landas dari medan yang berat.

4) K-Max
Kapasitas kargo: 3 Ton
Berat: 2,2 Ton
Panjang: 15,5 Meter

Drone Kaman K-Max adalah helikopter multiguna yang telah dilengkapi dengan kemampuan operasional tak berawak. Versi drone ini juga bisa digunakan dalam situasi perang, karena cocok untuk situasi di mana pilot mungkin menghadapi risiko yang tidak perlu. Drone K-Max adalah synchrocopter dengan bilah rotor yang saling bertautan yang berputar ke arah yang berlawanan.

5) Feihong 98
Kapasitas kargo: 1,5 ton
Berat: 3 Ton
Panjang: 12,5 Meter

FH 98 saat ini adalah drone kargo komersial terbesar di dunia. Ini pada dasarnya adalah pesawat kargo kecil yang dipasang untuk beroperasi seperti drone. Membantu mengangkut barang melintasi wilayah daratan ke daerah yang sulit dijangkau di pedesaan. Jangkauan maksimumnya 1.200 km.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply