Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lockdown Akibat Pandemi Covid-19 Berdampak Negatif Pada Anak-anak

Topcareer.id – Anak-anak memang memiliki risiko yang relatif lebih rendah dari terpapar Covid-19, namun secara tidak proporsional dirugikan oleh tindakan lockdown yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona.

Para ahli dari Rumah Sakit Universitas Oxford di Inggris mencatat bahwa meskipun peran penularan SARS-CoV-2 oleh anak-anak masih belum pasti, bukti yang ada menunjukkan bahwa pengaturan pendidikan akibat memainkan peran yang terbatas ketika tindakan mitigasi dilakukan.

Penutupan sekolah dan hilangnya sistem lain memang melindungi anak-anak, namun juga mengungkapkan kerugian yang tidak langsung tetapi sangat nyata untuk ditanggung oleh mereka.

Baca Juga: Masalah yang Mungkin Dialami Anak-anak yang Kembali Sekolah Usai Pandemi dan Solusinya

Misalnya, di Inggris, diperkirakan bahwa dampak pendidikan sejauh ini dapat menyebabkan angkatan kerja nasional dan anak-anak akan memiliki keterampilan yang lebih rendah untuk satu generasi setelah pertengahan tahun 2020-an.

Terlebih lagi, banyak negara melihat lebih banyak bukti kecelakaan di rumah yang memerlukan rawat inap selama periode lockdown dan kesehatan mental yang berdampak buruk pada kaum muda dan anak-anak.

Penutupan sekolah seharusnya dilakukan dengan gentar karena dapat menyebabkan kerugian tidak langsung kepada anak-anak.

Beberapa bulan mendatang saat sekolah dibuka kembali akan menjadi peluang penting untuk mengidentifikasi tindakan mana yang digunakan sekolah untuk mengurangi penyebaran virus yang paling efektif, untuk menghasilkan “praktik terbaik” standar yang menyeimbangkan hak anak-anak atas pendidikan dengan kebutuhan untuk melindungi komunitas yang lebih luas dari penularan lebih lanjut.

Para penulis mengatakan bahwa pendukung kesehatan anak perlu memastikan bahwa hak anak atas kesehatan dan perawatan sosial, dukungan kesehatan mental serta pendidikan dilindungi selama gelombang pandemi di masa depan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply