Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin WFH Lancar Jaya? Terapkan 5 Tips Ini!

Ilustrasi. (dok. Bloomberg)

Topcareer.id – Mungkin dulu hanya para pekerja freelance yang familiar dengan sistem bekerja secara remote dari rumah alias work from home (WFH). Tapi demi kebaikan bersama, karena pandemi Covid-19, banyak perusahan yang “merumahkan” para karyawannya.

Meski sekilas terlihat gampang dan menyenangkan karena tidak harus capek-capek terjebak kemacetan setiap pagi, kenyataannya tidak semudah itu. Bila belum terbiasa, apa saja mampu menjadi distraksi.

Nah, supaya WFH kamu lancar jaya, coba sebisa mungkin terapkan lima tips simple berikut ini!

Siapkan tempat khusus
Jangan sampai merasa santai karena bekerja dari rumah. Anggap rumah adalah kantor, karena sejatinya kamu hanya berganti lokasi. Siapkan tempat khusus untuk bekerja, jangan dari tempat tempat tidur.

Disiplin waktu
Meski terasa bebas karena di rumah sendiri, jangan sampai terlena. Kamu masih bekerja. Jangan sampai pekerjaan terbengkalai karena terbawa suasana nyaman di rumah. Terapkan jam kerja dan fokus pada tugas-tugasmu. Ketika datang saatnya beristirahat, beristirahatlah dan nikmati waktu dengan keluarga.

Beri pengertian kepada anggota keluarga
Mungkin anggota keluargamu belum ngeh kalau kamu tidak sedang libur melainkan bekerja dari rumah. Pastikan selama bekerja kamu tidak terganggu dengan banyak hal. Sampaikan kepada mereka bahwa ada deadline yang harus dikejar meskipun kamu terlihat hanya mengenakan celana pendek di rumah.

Jauhi media sosial
Bila media sosial bukan bagian dari pekerjaanmu, sebisa mungkin jauhilah. Jangan sampai video-video lucu di media sosial membuatmu lupa mengerjakan laporan. Apalagi sibuk perang komentar dengan netizen di Facebook. Waduh, tetap fokus!

Ngobrol di grup chat
Kalau kamu terbiasa bersosialisasi denga teman saat jam makan siang di kantor, jangan tinggalkan hal itu. Gantikan dengan ngobrol di grup chat saat makan siang. Tetap bersenda gurau dan sebagainya supaya tidak kehilangan momen seru dengan mereka meski kerja dari rumah.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply