Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Demam Panggung? Coba Lakukan Ini

Dok. Fortune

Topcareer.id – Hampir semua orang pasti akan mengalami demam panggung. Terutama ketika diminta berbicara atau melakukan sesuatu di depan banyak orang.

Meski demikian, jika tidak bisa diatasi, masalah ini bisa berakibat serius lho. Apalagi kalau kamu mewakili tempat kerja kamu.

Nah, biar enggak kejadian, yuk mulai belajar cara atasi demam panggung, seperti dikutip dari Wikihow.

Mulailah berpikir positif
Capek enggak sih dengan pikiran negatif yang terus menerus menghantui isi kepala kamu? Ini juga bisa menjadi pemicu rasa gugup, serta membuatmu sulit berkonsentrasi.

Ketika seharusnya kamu fokus pada materi, kamu malah jadi mengkhawatirkan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Kalau sudah begini, gawat bukan? Nah, makanya, mulailah belajar berpikir positif.

Baca juga: Sedang Patah Hati? Lakukan Ini agar Lekas Move On

Aktif berargumen
Jangan terus-terusan jadi pendiam. Mulailah beranikan diri untuk menanggapi pernyataan orang lain, dan mengeluarkan pendapatmu. Secara tidak langsung, ini akan menjadi latihan tersendiri untuk memperbaiki kemampuanmu saat berbicara di depan umum.

Banyak berlatih
Jarang orang yang memiliki keterampilan berbicara secara alami. Kebanyakan kemampuan itu didapat dari latihan terus menerus. Oleh karena itu, mulailah perlancar cara berbicaramu. Kamu bisa mencoba melakukannya di depan cermin terlebih dahulu, sebelum memulainya dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

Perluas pengetahuanmu
Jangan cuma habiskan waktumu untuk memikirkan segala ketakutan yang belum tentu akan terjadi. Lebih baik mulailah perluas wawasanmu, dan perbaharui informasimu melalui media-media yang terpecaya. Dengan begitu, saat harus berbicara di depan umum, kamu tidak akan kekurangan bahan.

Perbaiki penampilan
Betul kok, penampilan bukan segalanya. Tapi ini penting untuk membuatmu percaya diri. Perhatikanlah pakaian yang akan kamu kenakan, lalu pastikan semuanya sudah sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika kamu percaya diri, semuanya akan semakin mudah.

Baca juga: Stres di Kalangan Karyawan, dan Cara Perusahaan Mengatasinya

Katakan tidak pada kafein
Nah, ini yang terakhir! Sebisa mungkin hindari kafein ya saat akan berbicara di depan umum. Efek kafein bisa bikin kamu sering buang air kecil, dan membuat jantungmu berdetak lebih kencang sehingga kamu jadi lebih mudah terpacu untuk gugup.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply