Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Survei: Lagu Band Legendaris Queen Ini Terpilih Sebagai Lagu Paling Enak Didengar Sepanjang Masa

Topcareer.id – Musik, bahkan di saat-saat terburuk, memiliki kemampuan untuk mengangkat semangat seperti yang tidak bisa dilakukan orang lain.

Namun ada satu lagu secara khusus memiliki kekuatan lebih dari yang lain, untuk membantu menemukan kembali mood saat merasa sedikit sedih.

Menurut ahli saraf kognitif Dr. Jacob Jolij, lagu hit Queen’s pada tahun 1970-an bertajuk Don Don’t Stop Me Now memiliki semua bahan dan materi yang diperlukan untuk membuat lagu yang menyenangkan dan enak didengar.

Pada tahun 2015 silam Jolij menganalisis data dari survei yang dilakukan oleh perusahaan elektronik Alba, yang meminta 2.000 orang untuk mengungkapkan lagu-lagu semangat favorit mereka.

Dari studinya, dia menarik kesimpulan yakni: tempo cepat (kira-kira 150 ketukan per menit), kunci mayor dan lirik bahagia, merupakan elemen umum kunci dari lagu yang menyenangkan.

“Analisis saya mengkonfirmasi dengan sangat baik apa yang sudah kami ketahui dari literatur: Lagu yang ditulis dalam kunci mayor dengan tempo cepat paling baik dalam mendorong emosi positif,” kata Jolij, seorang asisten profesor psikologi di Universitas Groningen.

Hampir semua lagu yang bisa membuat mood membaik berada di kunci mayor, dan semuanya setidaknya 10 BPM lebih cepat daripada lagu pop rata-rata.

Praktis, lagu Don’t Stop Me Now dari Queen menduduki peringkat pertama sebagai lagu terenak sepanjang masa. Di tempat kedua ada lagu Dancing Queen dari band Abba, diikuti oleh The Good Vibrations oleh The Beach Boys dan kemudian Billy Joel’s Uptown Girl.

Jolij menjelaskan, “Asosiasi kita sendiri dengan lagu sering kali menentukan emosi yang timbul dalam diri kita.” ujarnya mengutip Huffingtonpost. **(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply