Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hal Kecil yang Berdampak Besar Pada Perkembangan Kariermu (Bagian 1)

Topcareer.id – Dalam berkarier, ketika kamu memikirkan hal apa yang bisa memberikan dampak besar bagi perkembangan kariermu, pikiran pertama yang muncul pada umumnya adalah kamu bisa mengikuti proyek yang akan membawa hasil yang serius.

Beberapa orang memang dapat membanggakan kemenangan besar seperti bekerja lembur selama masa proyek dan kemudian mendapatkan promosi yang kompetitif.

Namun sama pentingnya untuk diingat bahwa untuk menyelesaikan apa pun, tugas yang jauh lebih kecil dan lebih sederhana, juga bisa menyebabkan perubahan besar pada kariermu seiring waktu.

Baca Juga: Survei: 53% Profesional Merasa Pandemi Kacaukan Rencana Karier

Faktanya, berikut adalah 10 hal “kecil” yang pada akhirnya akan berdampak besar pada karier kamu seperti dikutip Themuse

Bagian pertama dari artikel:

1) Ajak atasan untuk minum kopi
Bukan rahasia lagi bahwa para pemimpin senior di perusahaan memiliki banyak prestasi. Tidaklah mengherankan jika kamu sebagai bawahannya bisa mempelajari satu atau dua hal dari pengalaman mereka. Ingin promosi, atau butuh panduan tentang cara melanjutkan karier ke langkah selanjutnya, kamu bisa tanyakan kepada atasanmu di perusahaan. Dan ketika kamu mendapatkan jawaban “ya”, manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk mengadakan pertemuan minum kopi bersama. Hal ini akan membuat atasanmu lebih mengingatmu dan ketika ada tempat yang lebih baik lagi, bisa jadi kamu akan menjadi pilihannya.

2) Dokumentasikan keberhasilanmu
Kamu mungkin berpikir tidak perlu mendokumentasikan semua keberhasilanmu. Sebaiknya jangan lakukan pikiran negatif tersebut. Bahkan jika saat ini kamu tidak sedang mencari pekerjaan, mendokumentasikan pencapaianmu akan memberi kamu gambaran yang lebih jelas tentang apa yang kamu bawa ke perusahaan dalam peran kamu. Ini sangat penting untuk kamu bawa saat kamu mencari promosi, kenaikan gaji, atau bahkan tanggung jawab baru di tempat kerja.

3) Jadikan mengenal tim lain sebagai hal penting
Bersahabat dengan tim lain dapat membuka peluang untuk mengerjakan proyek yang berbeda, mempelajari keterampilan baru, atau mengembangkan minat baru. Caranya mudah, kamu bisa meminta seseorang di tim lain untuk keluar makan siang bersamamu, atau bahkan menanyakan apakah kamu bisa menghadiri salah satu rapat anggota tim mereka dan kamu bisa mencoba berperan aktif untuk memberi masukan.

4) Luangkan waktu untuk menulis
Meskipun pekerjaanmu bukan sebagai penulis, mengasah keterampilan menulis dapat membantu kamu mengambil langkah selanjutnya dalam karier. Apa pun pekerjaanmu, terbiasa menulis akan membuatmu lebih nyaman mengirim email sensitif, membuat presentasi, dan menyusun laporan yang lebih menarik. Dan ketika orang-orang di perusahaanmu mulai memperhatikan peningkatan dalam pekerjaanmu, mereka akan mulai mempercayaimu dengan tugas-tugas yang lebih penting.

5) Berbicara lebih banyak dalam rapat
Memang seringkali sulit untuk berbicara dalam rapat. Rasanya hampir mustahil bahwa ide-ide kamu akan diterima. Tapi inilah masalahnya, kemungkinannya adalah jika kamu memikirkan sesuatu, dan ada beberapa orang lain di ruangan itu yang memikirkan hal yang sama, bisa jadi mereka duluan yang angkat bicara dan memenangkan perhatian atasan. Jika kamu lebih sering berbicara di tempat kerja saat rapat, kamu akan menumbuhkan kepercayaan diri dan menunjukkan kepada rekan kerja bahwa kamu benar-benar peduli dengan apa yang sedang dibahas. Plus, jika kamu memiliki ide bagus, ide itu akan selalu diingat oleh atasan dan anggota tim.**(RW)

Artikel ini bersambung ke bagian kedua.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply