Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hal Kecil yang Berdampak Besar Pada Perkembangan Karier (Bagian 2)

Topcareer.id – Dalam berkarier, ketika kamu memikirkan hal apa yang bisa memberikan dampak besar bagi perkembangan kariermu, pikiran pertama yang muncul pada umumnya adalah kamu bisa mengikuti proyek yang akan membawa hasil yang serius.

Beberapa orang memang dapat membanggakan kemenangan besar seperti bekerja lembur selama masa proyek dan kemudian mendapatkan promosi yang kompetitif.

Namun sama pentingnya untuk diingat bahwa untuk menyelesaikan apa pun, tugas yang jauh lebih kecil dan lebih sederhana, juga bisa menyebabkan perubahan besar pada kariermu seiring waktu.

Baca Juga : 5 Kebiasaan yang Wajib Ditinggalkan Jika Ingin Karier Melesat!

Faktanya, berikut adalah 10 hal “kecil” yang pada akhirnya akan berdampak besar pada karier kamu, seperti dikutip dari Themuse.

Bagian kedua dari artikel:

6) Gunakan waktu di antara rapat untuk belajar
Punya 10 menit untuk menghabiskan waktu di antara jeda rapat? Kamu bisa memeriksa media sosial, tetapi kamu juga dapat mengambil pendekatan berbeda dan berusaha mempelajari sesuatu yang baru. Kamu bisa mengambil banyak hal dengan cepat, jika kamu mau mengugnakan waktu untuk belajar. Buatlah daftar cara untuk belajar saat kamu memiliki waktu luang.

7) Ciptakan tantangan untuk dirimu
Salah satu alasan paling umum untuk mencari pertumbuhan karier adalah kebosanan. Cobalah ciptakan tantangan kecil untuk dirimu sendiri. Atau paksa dirimu sendiri untuk mengubah satu bagian dari rutinitas mingguan kamu untuk melihat apakah itu meningkatkan produktivitas kamu. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan kamu hasilkan, tetapi paling tidak, kamu akan merangsang otak dengan cara yang pada akhirnya akan mengarahkan pada pertumbuhan pribadi.

8) Pelajari cara memuji seseorang
Mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain adalah kunci pertumbuhan karier kamu di tahap mana pun. Dan salah satu hal tersulit tentang bekerja dengan orang lain adalah mengetahui cara memberi pujian tanpa terkesan lebay atau seperti menjilat

Skenario ini mungkin bisa membantumu:

  • Pujian untuk atasan: Jelaskan secara spesifik tentang apa yang dia telah bantu dan apa yang sudah kamu pelajari darinya.
  • Pujian untuk rekan tim:
    Bagikan hasil spesifik yang kamu dapat dari nasihat yang dia berikan kepada kamu dan sudah kamu jalankan.
  • Pujian untuk bawahan langsung:
    Pilih pencapaian atau perubahan positif dari mereka yang kamu lihat.
  • Pujian untuk kontak networking:
    Tambahkan beberapa poin penting tentang nilai tambah pekerjaan mereka yang telah memberi dampak pada pekerjaanmu.

Memang kurang nyaman untuk membiasakan diri pada awalnya, tetapi akan terbayar setelah kamu melakukannya karena pada akhirnya kamu akan bisa mendengar pujian itu datang kembali kepada dirimu.

9) Beri penilaian pada dirimu sendiri
Mengenal diri sendiri terdengar lebih sederhana daripada sebelumnya. Salah satu cara cepatnya adalah dengan mengikuti tes kepribadian. Kamu mungkin akan terkejut dengan beberapa hasilnya. Dan kemudian kamu mungkin termotivasi untuk membuat beberapa perubahan tergantung pada apa yang telah kamu pelajari.

10) Riset perusahaan tempat kamu sendiri bekerja
Kamu mungkin tahu banyak tentang perusahaanmu, terutama jika kamu sudah lama bekerja di sana. Tapi kemungkinan besar perusahaan akan berkembang. Luangkan beberapa menit untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan perusahaan. Ketika kamu mempelajari perusahaan lebih lanjut, kamu akan bisa memberikan masukan yang lebih baik.

Tetaplah ingat bahwa banyak hal yang tampaknya kecil justru dapat membuat kamu siap untuk sukses besar. Saat kamu mengumpulkan kemenangan kecil, pencapaian yang lebih besar akan datang.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply