Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini 5 Strategi Amankan Pekerjaan dan Menaiki Tangga Karier

Topcareer.id – Hanya karena kamu telah dipekerjakan bukan berarti kamu akan terjamin berada di pekerjaan baru kamu tersebut dalam waktu yang lama.

Perusahaan akan memperhatikan lebih banyak tentang kamu setelah mereka mengajakmu bergabung daripada yang mereka lakukan selama proses wawancara.

Ikuti lima strategi kerja sederhana ini yang akan membantu kamu dalam mengamankan pekerjaanmu.

Baca Juga: Hal Kecil yang Berdampak Besar Pada Perkembangan Kariermu (Bagian 1)

1) Pahami posisinya

Pahami apa yang dibutuhkan pekerjaan itu. Anehnya, banyak bisnis tidak memberikan uraian tugas tertulis untuk karyawan. Hal ini menyebabkan miskomunikasi dan kebingungan yang dapat memengaruhi peluang kamu untuk mendapatkan promosi. Mintalah deskripsi pekerjaan tertulis segera setelah kamu bergabung untuk memastikan kamu melakukan semua yang diharapkan perusahaan dari kamu. Setelah mengetahui apa yang diharapkan darimu, cobalah untuk melampaui ekspektasi perusahaan.

2) Temui orang yang tepat

Menemukan orang yang dapat membantumu sukses sangat penting untuk mempertahankan pekerjaan dan menaiki tangga karier. Tanyakan kepada orang lain tentang pekerjaanmu apakah mereka tahu sesuatu tentang pendahulu kamu dan apakah mereka memiliki tips. Kembangkan hubungan dengan manajer senior yang akan mengevaluasi kamu dan merekomendasikanmu untuk dipromosikan atau diberhentikan. Temukan orang yang mau mengajarimu tentang bisnis agar kamu bisa menambah pengetahuan.

3) Tingkatkan keterampilanmu

Jadikan dirimu sangat berharga bagi perusahaan dengan meningkatkan jumlah dan kualitas pekerjaan yang kamu lakukan. Minta orang lain untuk memberi tahu bagaimana mereka melakukan pekerjaan mereka, mengikuti seminar, kelas atau lokakarya, mendapatkan sertifikasi atau membaca buku dan artikel yang bisa memperluas keahlianmu. Mengetahui di mana semuanya dan bagaimana cara kerjanya di departemen kamu akan membuatmu menonjol saat perusahaan membutuhkan bantuan.

4) Minta umpan balik

Jangan menunggu ulasan tahunan untuk mengetahui pendapat perusahaan tentang kamu. Setelah beberapa minggu pertama kamu bekerja, tanyakan kepada supervisor bagaimana umpan balik spesifik kinerjamu. Tanyakan apakah menurut mereka yang telah kamu lakukan adalah cara terbaik untuk menangani pekerjaanmu. Bandingkan juga dirimu dengan rekan kerja dan bagaimana kinerja mereka, lalu mintalah rekan kerja untuk membantumu dengan mengomentari apa yang mereka lihat.

5) Pelajari politik kantor

Kamu mungkin akan bekerja dengan pengganggu, gosip, dan orang-orang yang malas, orang suka menolong, orang tidak jujur, dan negatif. Pelajari siapa yang harus dihindari dan siapa yang dapat membantu memperkuat posisimu di tempat kerja. Jangan terjebak dalam satu klik dengan karyawan spesifik, hindari dianggap menyendiri dengan tidak bersosialisasi. Bangun jaringan dengan orang-orang yang dapat membantumu dan pastikan kamu melakukan apa yang kamu bisa untuk membantu mereka.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply