Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Anak Bangsa Temukan Pendeteksi Covid-19 Melalui Embusan Napas

Dok/Ristekbrin

Topcareer.id – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengumumkan telah menemukan alat yang dapat mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

“Covid-19 ini istilahnya penyakit yang menyasar saluran pernapasan kita, jadi pendeteksian lewat embusan napas sangat tepat,” ujar Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, Kamis (24/09/2020).

Lebih lanjut Bambang mengklaim teknologi yang diberi nama GeNose ini mampu bekerja secara cepat dan akurat mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas seseorang.

“Jadi napas yang keluar dari seseorang yang akan diambil dan diidentifikasi melalui sensor-sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan Artificial Intelligence (AI) untuk pendeteksian dan pengambilan keputusan,” tambahnya.

Selain memanfaatkan pendekatan Revolusi Industri 4.0, GeNose ini sengaja dirancang seefesien mungkin, sehingga dapat dioperasikan oleh seseorang secara mandiri.

Uji profiling (kalibrasi) pada alat ini pun juga sudah dilakukan dengan menggunakan 615 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara POLDA DI Yogyakarta dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid-19 Bambanglipuro di Yogyakarta. Dan hasilnya menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi, yaitu 97 persen.

Diketahui, GeNose merupakan hasil kegiatan Konsorsium Riset dan Inovasi Kemenristek/BRIN bersama dengan Universitas Gadjah Mada, Badan Intelejen Negara, TNI AD, dan pihak swasta lainnya seperti PT Hikari, PT YPTI, PT Stechoq, PT Nanosense Instrument, dan PT Swayasa Prakarsa.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply