Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Tanda-Tanda Sepatu yang Melemahkan Otot Kakimu

Topcareer.id – Jika kamu sering alami nyeri fasia (nyeri tumit) berulang di pangkal kaki atau kejang otot saat berolahraga, mungkin ada hubungannya dengan sepatumu untuk olahraga. Bahkan sepatu lari mahal yang kamu beli juga bisa mengakibatkan hal yang sama.

Dalam penelitian terbaru oleh ahli biologi evolusi Harvard Daniel E. Lieberman, Ph.D., sepatumu bisa melemahkan otot-otot di kaki.

Peneliti menemukan bahwa semakin banyak sepatumu melengkung di depan, semakin sedikit tenaga yang harus digunakan kaki di dalam sepatu saat mendorong dari tanah. Itu artinya kakimu sebenarnya harus bekerja jauh lebih sedikit untuk bergerak dan mendorong ke depan daripada saat tanpa alas kaki.

Baca Juga: Menebak Kepribadian Wanita, dari Pilihan Sepatunya

Ini pada dasarnya berarti bahwa aktivitas otot tungkai bawah sebenarnya dapat dipengaruhi oleh jenis sepatu yang kamu kenakan — terutama kekerasan midsole atau lekukan di bagian depan.

Sepatu lari yang keras berisiko menyebabkan kelemahan otot dengan bekerja melawan serat otot kaki dan pada gilirannya memiliki efek sistematis pada aktivitas otot di tubuh bagian bawah. Bila dikombinasikan dengan jari kaki yang melengkung berarti kakimu bekerja kurang keras.

“Masuk akal bahwa jika otot kaki harus bekerja lebih sedikit, maka mereka mungkin akan memiliki daya tahan yang lebih sedikit mengingat ribuan kali sehari kamu mendorong jari-jari kakimu,” kata Lieberman dalam siaran pers, mengutip dari The Ladders.

Ia menambahkan bahwa salah satu masalah terbesar di dunia saat ini tentang kaki manusia adalah plantar fascitis.

“Kami pikir yang terjadi adalah orang mengandalkan plantar fascia mereka untuk melakukan apa yang biasanya dilakukan otot. Ketika kamu mendapatkan otot yang lemah dan plantar fascia harus bekerja lebih keras, itu tidak benar-benar berkembang dan menjadi meradang.”

Jadi apa yang dapat kamu lakukan agar otot Anda tidak melemah karena pilihan alas kaki? Sementara sepatu lari modern mungkin tidak akan mencapai hasil yang memuaskan, menurut dr Giuseppe Aragona MD, ada dua jenis sepatu utama lainnya yang dapat mempengaruhi otot dalam tubuh dan membuatnya melemah, yaitu flat shoes non-suportif dan sepatu hak tinggi.

“Kami tidak berbicara tentang sepatu yang datar, tetapi jika kamu menghabiskan banyak waktu dengan sandal jepit dan tidak mengenakan sepatu atau sneakers yang sesuai, kakimu tidak akan memantul dan cepat lelah,” Dr. Aragona memberi tahu The Ladders melalui email.

“Ini akan mulai memengaruhi otot dan membuat berjalan lebih sulit seiring waktu. Sedangkan untuk tumit, kadang-kadang terlalu banyak meregangkan kaki, yang dapat melemahkan pergelangan kaki. Jika kamu juga rentan terpeleset, ini juga dapat menyebabkan kerusakan.”**(RW)

Leave a Reply