Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Keren, Ini Penampakan Kapal Canggih Tanpa Awak Buatan ITS

Kapal tanpa awak I-BOAT karya ITS (Foto: RistekBrin)

Topcareer.id -Ditengah pandemi ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil membuat kapal pintar tanpa awak bernama intelligent Boat (i-BOAT).

Pembuatan i-BOAT ini dimaksudkan untuk memenuhi fungsi yang dibutuhkan di aspek kemaritiman saat ini khususnya untuk manusia, seperti penyelamatan, pemenuhan logistik di pulau-pulau yang membutuhkan bantuan, dan fungsi pertahanan dan keamanan.

“Indonesia sebagai negara maritim dengan jumlah pulau sekitar 17 ribu lebih dan luas wilayah perairan sebesar 3,25 juta kilometer persegi. Tanpa transportasi laut yang efisien dan efektif maka dapat dipastikan muncul persoalan distribusi logistik, dan selanjutnya akan diikuti persoalan pemerataan pembangunan terutama di daerah kepulauan,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi secara virtual, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Bangga, Ini Penampakan Kapal Selam Karya Anak Bangsa

Pada kesempatan yang sama, Manajer Klaster Maritim – STP ITS, Tri Achmadi menjelaskan cara kerja i-Boat. Dimana berdasarkan perintah operator, i-BOAT akan berlayar menuju sasaran koordinat yang diinginkan.

“Jika terdapat koneksi internet di wilayah operasionalnya, pengguna dapat menggunakan i-BOAT ini melalui aplikasi user interface, baik yang bersifat web-based maupun yang beroperasi melalui gadget android (smart-phone),” paparnya.

Dalam pengembangan penelitian tahap berikutnya, i-BOAT ini akan dilengkapi dengan fitur berupa pemanggilan dan penetapan koordinat tujuan yang dapat dilakukan untuk areal laut yang lebih luas.

“Jika ada korban tenggelam atau butuh pertolongan, kamera dan sistem autonomous akan langsung bisa mendeteksi dan menghampiri korban secara otomatis,” pungkas Tri.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply