Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Okinawa, Pulau Paling Sehat di Bumi dengan 450 Lebih Warganya Berusia 100 Tahun

Topcareer.id – Pernahkah kamu membayangkan sebuah tempat para lansia hidup lebih lama dan lebih sehat? Tempat seperti itu ada di bumi, dan itu berada di Jepang.

Tepatnya di pulau Okinawa, Jepang, ada lebih dari 450 orang penduduk yang berusia di atas 100 tahun dengan kondisi yang sehat. Okinawa adalah bagian paling selatan Jepang, terdiri dari ratusan Kepulauan Ryukyu dalam rangkaian yang panjangnya lebih dari 1000 kilometer.

Pada tahun 2002, tercatat ada 34,7 centenarian (orang yang berusia lebih dari 100 tahun) untuk setiap 100.000 penduduk, yang merupakan rasio tertinggi di mana pun di dunia.

Baca Juga: 4 Cara Lindungi Orang Tua Kamu dari Penularan Virus Corona

Karena rasio centenarian yang tinggi inilah yang membuat Okinawa mendapat gelar tempat tersehat di dunia.

Rendah Penyakit dan Cacat

Orang-orang yang tinggal di Okinawa memiliki frekuensi terendah penyakit jantung, stroke, dan kanker. Jadi, apa yang membuat tempat ini begitu istimewa sehingga mereka tidak hanya memiliki harapan hidup terpanjang di dunia, tetapi juga kesehatan yang relatif baik saat melakukannya?

Kementerian Kesehatan Jepang mendanai The Okinawa Centenarian Study untuk memeriksa para lansia di daerah tersebut dan mencari tahu. Studi ini dimulai pada tahun 1975, dan selama bertahun-tahun para peneliti telah memiliki akses ke lebih dari 900 centenarian.

Apa yang dilihat studi tersebut adalah bahwa penduduk lokal di Okinawa tidak hanya dikatakan “menua perlahan” tetapi juga 80% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit jantung. Mereka juga berisiko seperempat lebih kecil terkena kanker payudara atau prostat dan memiliki separuh risiko terkena kanker usus besar.

Disimpulkan juga bahwa rata-rata mereka menghabiskan 97% hidup mereka bebas dari penyakit atau kecacatan.

Baca Juga: Resep Rahasia Umur Panjang Mahathir Mohamad

Apa Rahasianya?

Alasan paling masuk akal orang bisa hidup seperti ini karena kombinasi pola makan, gaya hidup rendah stres, komunitas yang saling peduli dan tidak ada yang saling menjatuhkan atau mem-bully, aktivitas positif, dan spiritualitas penduduk setempat di pulau itu.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply