Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ternyata, Lebih dari 700 Juta Bakteri Hidup di Mulut Kamu

Ilustrasi. (dok. Health magazine)

Topcareer.id – Ada jutaan mikroba di dalam mulut kamu yang dapat membuka jalan bagi bahaya kesehatan yang mematikan jika tidak ditangani.

Nah, angka-angka itu seharusnya membuat kamu ingat akan kesehatan dan mungkin akan membuat kamu jadi rajin menyikat gigi mulai sekarang.

Mungkin ada sekitar 700-750 juta spesies bakteri yang memenuhi mulut kamu saat ini. Menurut beberapa ahli, jumlah, bentuk dan ukuran bakteri dalam mulut ternyata sangat mengerikan dan sulit dipercaya.

Ilmuwan memiliki nama bagus untuk ekosistem liar dalam mulut kamu. Mereka menyebutnya “Mikrobioma Mulut Manusia.”

Berdasarkan laporan baru-baru ini, satu mulut dapat menjadi rumah bagi lebih dari 6 juta bakteri, jumlah yang mengesankan jika dibandingkan dengan 7,3 miliar total populasi manusia di bumi.

Berikut beberapa fakta menarik tentang spesies aneh yang hidup di dalam mulut kamu.

  1. Komunitas penuh
    Sulit dipercaya, tetapi milyaran bakteri itu hidup dalam komunitas yang beragam dan mengikuti proses kehidupan yang sama seperti manusia, seperti lahir, makan, buang air besar, kawin. Sementara Streptococcus memakan gula dan karbohidrat bertepung yang menghasilkan asam beracun dan bisa merusak enamel gigi kamu, bakteri probiotik mendukung kesehatan mulut. Anggota bakteri lain ada juga yang tidak berbahaya atau membantu.
  2. Angka yang luar biasa
    Menurut peneliti, 1 mg air liur di mulut kamu biasanya mengandung sekitar 100 juta mikroba. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari jika kamu tidak ingin mengganggu teman atau pasangan kamu dengan bau tak sedap yang dihasilkan oleh bakteri jahat dalam mulut.
  3. Tumbuh dengan cepat
    Menariknya beberapa spesies bakteri mulut dapat menggandakan jumlahnya setiap 20 menit dalam kondisi ideal. Dr. Loesche menunjukkan bahwa seseorang dapat menghitungnya secara tidak langsung dengan bantuan beberapa data yang diketahui. Rata-rata orang menelan sekitar 1 liter air liur setiap hari. Dengan mengalikan 1000 ml air liur dengan 100 juta (mikroba per ml), maka akan menghasilkan 100 miliar. Itulah jumlah mikroba / kuman di dalam air liur yang kamu telan setiap 24 jam.
  4. Bisa menyelinap ke dalam darahmu
    Meskipun terbatas pada mulut, tetapi bakteri pada mulut juga dapat menyelinap ke dalam darah kamu melalui transfusi tertentu yang seringkali tidak dapat kamu kendalikan seperti melalui luka dalma gigi berlubang. Dan begitu bakteri masuk ke aliran darah, mereka dapat menyebar ke mana saja di seluruh tubuh. Bakteri bekerja dengan melepaskan bahan kimia yang diambil oleh sel-sel yang membentuk pembuluh darah dan menyebabkan sel menjadi lebih permeabel.

Bakteri tidak terlihat tapi sangat besar jumlahnya. Oleh karena itu, gosoklah gigi setidaknya dua kali sehari secara teratur dan jaga agar tubuh tetap terhidrasi sehingga bakteri jahat keluar dari mulut dan kamu tetap aman dari efek berbahaya dari beberapa bakteri yang mematikan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply