Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Membuat CV Yang ATS Friendly (Bagian 2)

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Untuk menentukan apa yang membuat CV atau resume kompatibel dengan ATS, kamu harus jeli dalam menghindari kesalahan penulisan resume paling umum yang akan menyebabkan ATS mengabaikan lamaran kamu.

Beberapa kesalahan paling mahal yang membuat CV atau resume menjadi tidak kompatibel dengan pemindaian ATS antara lain karena terlalu colorful, banyak grafik, tabel, kolom, gambar, teks dalam kotak, terlalu banyak simbol, background gelap, memakai font yang tidak umum, serta menambahkan emoji.

Memang dengan itu semua, CV kamu jadi menarik dan tidak membosankan, namun hal itu justru membuat CV kamu menjadi tidak ATS friendly dan kemungkinan lamaranmu dicampakkan oleh sistem ATS jadi lebih tinggi.

Jika kamu ingin memastikan CV atau resume kamu sesuai dengan ATS, ikuti tips di bawah ini.

Bagian kedua dari artikel:

Hindari gambar, bagan, dan grafik lainnya
Meskipun ini mungkin terlihat bagus untuk mata manusia, CV atau resume dengan gambar yang disematkan akan menjadi berantakan atau benar-benar dihilangkan dari sistem ATS. Misalnya, jika kamu menyisipkan gambar atau bagan untuk menunjukkan keahlian utama kamu, ATS tidak akan dapat membacanya. Jika kamu menggunakan grafik keren untuk menandai nama kamu di resume yang kamu kirimkan, informasi ini akan hilang di sistem pelacakan pelamar (ATS).

Tetap berpegang pada poin-poin sederhana
Ketika digunakan dengan tepat, bullet point adalah metode yang bagus untuk menyoroti pencapaian dan kualifikasi kamu pada resume. Namun, jika kamu memilih simbol yang rumit untuk poin kamu, nilai jual penting kamu bisa teracak. Hindari menggunakan karakter yang rumit saat membuat daftar poin di resume kamu. Tetap gunakan opsi yang paling sederhana, seperti bullet point dengan bentuk lingkaran padat, lingkaran terbuka, atau persegi, untuk memastikan poin-poin kamu meningkatkan kualitas CV atau resume kamu, daripada membuatnya tidak kompatibel dengan ATS.

Baca juga: Keterampilan Kerja Paling Penting untuk Dicantumkan di CV Kamu

Gunakan desain resume yang bersih dengan hierarki yang jelas
Dalam hal desain resume, lebih sedikit lebih baik. Tidak hanya desain resume yang rumit atau format yang tidak biasa yang membingungkan sebagian besar sistem pelacakan pelamar atau ATS, tetapi juga mengganggu perekrut yang terbiasa dengan cepat memindai resume untuk informasi spesifik yang mereka harapkan dapat ditemukan di area tertentu dalam dokumen.

Nah, itu tadi poin utama yang harus kamu jalankan dan perhatikan agar CV atau resume kamu lebih ATS friendly dan kamu pun lebih mudah teridentifikasi.

Jika perusahaan yang kamu lamar diminati oleh banyak orang dan pesaingnya sangat tinggi, kemungkinan rekruter akan menggunakan ATS untuk membantunya dalam menyaring kandidatnya.

Maka dari itu, penting banget bagi kamu yang sedang mencoba melamar kerja untuk memastikan CV atau resume kamu agar ATS friendly. Kamu tidak bisa berharap HRD akan membaca ribuan CV yang masuk ke perusahaannya. Dengan kemajuan teknologi di mana hampir semua perusahaan menggunakan ATS, kamu juga harus bisa ikut beradaptasi dan tangkas.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply